Comscore Tracker

Ujaran Rasial ke Mahasiswa Papua, Danramil Tambaksari Dinonaktifkan

Hingga kini pelaku hujatan rasial belum terungkap

Surabaya, IDN Times - Kerusuhan yang pecah di sejumlah wilayah Papua diduga dipicu oleh pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya disertai ujaran rasialme yang dilontarkan beberapa oknum. Dalam sebuah video yang viral di media sosial merekam aksi beberapa anggota TNI yang diduga mengucapkan umpatan bermuatan rasial.

Namun pelaku hujatan rasialisme itu hingga saat ini belum terungkap. Oleh karena itu, beberapa anggota TNI yang berada di lokasi saat kejadian, termasuk Danramil 0831/02 Tambaksari, Mayor Inf NH Irianto, dinonaktifkan sementara.

1. Lima anggota TNI dinonaktifkan, termasuk Danramil Tambaksari

Ujaran Rasial ke Mahasiswa Papua, Danramil Tambaksari DinonaktifkanIDN Times/Lia Hutasoit

Kepala Penerangan Kodam V/ Brawijaya, Letnan Kolonel Imam Haryadi mengungkapkan, lima anggota TNI yang dinonaktifkan termasuk Danramil Tambaksari. Mereka merupakan orang-orang yang terlihat ada dalam rekaman video tersebut.

"Iya. Jadi begini. Beberapa orang yang kemarin terlihat di video itu," ujar Imam ketika dihubungi IDN Times, Minggu (25/8).

Baca Juga: 4 Saksi Diperiksa soal Perusakan Bendera Merah Putih di Asrama Papua

2. Penonaktifan untuk mempermudah proses penyidikan Polisi Militer

Ujaran Rasial ke Mahasiswa Papua, Danramil Tambaksari DinonaktifkanANTARA FOTO/Novrian Arbi

Imam melanjutkan, penonaktifkan mereka merupakan tindak lanjut dari pendalaman atas kasus tersebut. Penonaktifan atau skorsing ini ditujukan untuk mempermudah proses penyidikan oleh Polisi Militer.

"Kemarin kan sudah dilakukan pendalaman. Hasil pendalaman, resumenya kita serahkan ke pihak penyidik. Dari pihak penyidik dalam rangka mempermudah penyidikan, mereka kita skorsing," jelasnya.

3. Diberhentikan dari jabatan hingga persidangan

Ujaran Rasial ke Mahasiswa Papua, Danramil Tambaksari DinonaktifkanUnjuk rasa di depan Gedung Sate (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Durasi penonaktifan ini, lanjut Imam, bergantung pada lamanya proses penyidikan. Pihaknya tidak dapat menakar hingga kapan Danramil Tambaksari dan anak buahnya dihentikan sementara dari tugasnya sebagai anggota TNI.

"Skorsing itu pemberhentian sementara dari jabatan. Terkait tindakannya itu nanti putusan setelah berkas perkara lengkap baru kita limpahkan. Seperti itu sementara kondisinya," jelasnya.

4. Penyidikan diserahkan sepenuhnya kepada Polisi Militer

Ujaran Rasial ke Mahasiswa Papua, Danramil Tambaksari DinonaktifkanIDN Times/Fitria Madia

Imam mengatakan, dia tidak tahu pasti sanksi apa yang akan menjerat anggota TNI tersebut apabila terbukti melakukan ujaran rasialisme hingga menyakiti hati penghuni Asrama Mahasiswa Papua. Perihal penyidikan, pihaknya serahkan sepenuhnya kepada Polisi Militer.

"Yang jelas kalau prosesnya selesai, penyidikannya selesai, kemudian diputuskan yang sudah itu kita cabut skorsingnya, dengan keputusan pengadilan," terang dia.

Baca Juga: Ungkap 7 Tuntutan Masyarakat Papua, Yorrys: Jokowi Harus Datang

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You