Comscore Tracker

Panik Saldo Mandiri Rp0, Nasabah Bersitegang dengan Customer Service

Nasabah minta Bank Mandiri memberikan surat jaminan

Balikpapan IDN Times - Gangguan yang menimpa sistem Bank Mandiri membuat ratusan nasabah memenuhi kantor cabang Bank Mandiri Balikpapan, di Jalan Ahmad Yani, Gunung Sari Ilir, Balikpapan Kota, Sabtu (20/7) pagi.

Mereka berkumpul lantaran saldo di rekening tabungan Bank Mandiri mereka mendadak hilang alias menjadi menjadi nol rupiah. Bahkan ada yang menjadi minus. Para nasabah khawatir atas kejadian ini, sehingga datang dan meminta penjelasan kepada pihak bank.

Seorang nasabah Bank Mandiri Amirudin mengatakan, dia datang ke kantor Bank Mandiri sejak pagi, setelah mengetahui saldo di rekeningnya nol rupiah, saat hendak bertransaksi.

"Kaget gak ada saldonya, semalam baru transaksi, nah ini mau transaksi lagi saldo nol rupiah," jelasnya saat berada di kantor cabang Bank Mandiri.

Baca Juga: Punya Anggaran Besar untuk IT, Kenapa Sistem Bank Mandiri Masih Eror?

1. Saldo lenyap, nasabah Bank Mandiri kaget

Panik Saldo Mandiri Rp0, Nasabah Bersitegang dengan Customer ServiceIDN Times/ M. Idris

Para nasabah yang datang ke Bank Mandiri ini sempat bersitegang dengan costumer service lantaran dinilai tidak memberikan jawaban yang memuaskan kepada nasabah saat ditanya tentang hilangnya saldo yang ada di rekening.

"Kan saya minta jawaban soal hilangnya rekening, dikasih rekening koran, tapi saldonya tidak sesuai, saat saya tanya, costumer service bersikeras jika saldo itu yang benar," ucapnya.

Amirudin menambahkan, pelayanan customer service di Bank Mandiri sangat buruk, tidak menghargai nasabah yang sedang khawatir lantaran saldo mereka hilang.

"Harusnya diberikan penjelasan yang baik kepada nasabah, sehingga nasabah bisa menerima penjelasan dari customer service terkait saldo yang hilang," ungkapnya.

Ia menambahkan, banyak membuka rekening Bank Mandiri untuk perusahaannya, sehingga dengan adanya insiden ini ia sangat kaget, dan menurutnya ini bisa menghambat perusahaannya jika berlarut-larut.

"Transaksi perusahaan semua di Bank Mandiri, jika bermasalah maka perusahaan saya juga bermasalah," tegasnya.

Baca Juga: Nasabah Bank Mandiri yang Saldonya 'Gemuk' Mendadak Wajib Dikembalikan

2. Nasabah meminta kepastian dari Bank Mandiri

Panik Saldo Mandiri Rp0, Nasabah Bersitegang dengan Customer ServiceIDN Times/ M. Idris

Nasabah Bank Mandiri yang sejak Sabtu pagi sudah menduduki Bank Mandiri Cabang Balikpapan ini meminta kepastian jaminan, bahwa saldo rekening yang ada bisa kembali seperti semula.

Nasabah juga meminta agar pihak Bank Mandiri memberikan surat pernyataan jaminan tersebut sebagai pegangan nasabah, jika sampai hari ini tidak juga terselesaikan masalah hilangnya saldo nasabah secara tiba-tiba.

"Kami meminta jaminan tersebut bukan hanya diucapkan, namun juga harus ada hitam di atas putih sebagai pegangan nasabah," beber Amiruddin.

Selain kehilangan saldo di rekening, para nasabah juga sudah kehilangan waktunya untuk aktivitas lain karena harus antre untuk mendapatkan pelayanan pengecekan saldo.

"Hilang uang, hilang waktu hari ini mas, ya mudah-mudahan saja bisa kembali semua saldo milik nasabah," ucapnya.

3. Unit reaksi cepat Polres Balikpapan hadir di Bank Mandiri

Panik Saldo Mandiri Rp0, Nasabah Bersitegang dengan Customer ServiceIDN Times/ M. Idris

Untuk memastikan keamanan dan kekondusifan masyarakat Balikpapan yang memenuhi kantor cabang Bank Mandiri, tim URC Polres Balikpapan berjaga-jaga untuk antisipasi terjadinya gejolak di antara nasabah yang panik kehilangan uang tabungannya.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta, melalui Kasat Samapta Polres Balikpapan, AKP Muhammad Akbar Pontoh mengatakan, tim URC hanya berjaga saja, sehingga bisa membantu menenangkan para nasabah yang saat itu lagi kebingungan dan kaget, lantaran uang yang di simpan di Bank Mandiri terus berkurang dan menjadi nol rupiah.

"Hanya berjaga saja, melihat situasi, jika situasi aman dan kondusif, maka tim akan kembali bergeser ke Posko," ujarnya.

Hingga saat ini kondisi dan situasi yang ada di Bank Mandiri kondusif, tidak ada gejolak dari para nasabah yang datang untuk melihat saldo mereka.

Baca Juga: Kisah Nasabah Bank Mandiri Saat Mendapati Saldo Tabungan Raib

Topic:

  • Sunariyah

Just For You