Comscore Tracker

Bawaslu Temukan 1.158 Pemilih Belum Masuk DPT Pilkada Tangsel

Bawaslu minta KPU segera memasukkan nama-nama pemilih itu

Tangerang Selatan, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan menyebutkan, 1.154 orang terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Tangsel 9 Desember 2020 nanti.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep mengatakan, penyebabnya karena ribuan pemilih tersebut namanya tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Tangsel. Ribuan pemilih itu tersebar di tujuh kecamatan di Kota Tangsel.

"Khawatirnya nanti mereka yang seharusnya terdaftar tak mendapatkan hak suara," kata Acep, Minggu (22/11/2020).

Baca Juga: Bersiap Hadapi Debat Pilkada Tangsel, Calon Petahana Lakukan Simulasi

1. Jumlah pemilih yang tidak masuk DPT di setiap kecamatan berbeda

Bawaslu Temukan 1.158 Pemilih Belum Masuk DPT Pilkada TangselIDN Times/Istimewa

Acep memaparkan, jumlah pemilih yang tidak masuk DPT di setiap kecamatan berbeda. Pertama di Ciputat, Bawaslu menemukan 205 pemilih yang tidak masuk dalam DPT. Sementara di Ciputat Timur terdapat 142 pemilih.

"Pamulang ada 169, kemudian di Serpong 137, Serut dan Setu 144 dan 58. Terakhir yang paling banyak ada di Pondok Aren sebanyak 303 pemilih," ujar Acep.

Baca Juga: Guys, Begini Cara Mudah Cari Nama Kalian di DPT Pilkada 2020

2. Bawaslu minta ribuan nama itu dimasukkan ke dalam DPT

Bawaslu Temukan 1.158 Pemilih Belum Masuk DPT Pilkada TangselIlustrasi kotak suara. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dengan ditemukannya hal ini, Bawaslu mengirim surat kepada Komis Pemilihan Umum (KPU) agar memasukkan nama-nama itu ke dalam DPT. Acep menegaskan, hal itu wajib dilakukan dalam rangka menjaga hak pilih masyarakat.

"Kami khawatir jika tidak disampaikan, mereka tidak mendapatkan surat suara saat datang ke TPS terdekat. Ini dilakukan untuk menjaga hak pilih mereka," ujar Acep.

3. Pemilih di Pilkada Tangsel mayoritas perempuan

Bawaslu Temukan 1.158 Pemilih Belum Masuk DPT Pilkada TangselIlustrasi Pendaftaran KPU (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya KPU Kota Tangsel telah menetapkan 976.019 orang masuk dalam DPT. Berdasarkan data rekapitulasi, jumlah pemilih laki-laki di Tangsel mencapai 48.043 orang. Sedangkan pemilih perempuan 494.976 orang.

KPU Tangsel menyiapkan 2.963 titik lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pencoblosan nanti. Di Kecamatan Ciputat yang terdiri dari 7 kelurahan terdapat 454 TPS dengan total jumlah pemilih 150.186 orang. Kecamatan Ciputat Timur ada 6 kelurahan dengan 353 TPS, dan jumlah pemilih 123.726 orang. Pilkada Tangsel 2020 ini diikuti tiga pasangan calon (paslon).

Baca Juga: PSI Tangsel: ASN Harus Tetap Netral pada Pilkada Tangsel 2020 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya