Comscore Tracker

Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap Idealis

Enam kader PSI dipastikan lolos di lembaga parlemen Banten

Serang, IDN Times - Enam kader PSI dipastikan lolos di Banten pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ini. Mereka tersebar di DPRD kota dan provinsi dengan rincian sebagai berikut, 4 untuk DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), 1 DPRD Kota Tangerang, dan 1 DPRD Provinsi Banten yang berasal dari Dapil 7, Kota Tangsel.

M. Hafiz Ardianto selaku Sekretaris Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Banten mengatakan perolehan ini masih jauh dari target awal PSI Banten, yaitu 4 kursi untuk DPRD provinsi serta 2 kursi untuk kota/kabupaten di luar Tangerang Raya (kabupaten Tangerang, kota Tangerang dan Tangsel).

"Tangerang Raya khususnya menjadi target besar kami, target terbesar ada di Tangsel dan kota Tangerang, namun kemarin kami hampir dapat kursi juga di DPRD Kabupaten Tangerang, tapi kami hanya kalah tipis dengan 98 suara," kata Hafiz kepada IDN Times, Sabtu (18/5).

Baca Juga: Ini Daftar 85 Caleg Terpilih DPRD Sulsel dari 11 Dapil

1. Faktor utama kegagalan PSI di Banten Barat adalah IPM rendah

Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap IdealisDok. Istimewa

Hafiz menerangkan, kegagalan di wilayah Banten Barat seperti Serang, Pandeglang, Cilegon, dan Lebak dikarenakan pengetahuan soal tujuan PSI masih kurang. Dan hal itu, diakui Hafiz, salah satu faktor utamanya ialah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah.

"Di Tangsel itu masyarakatnya urban, lebih bisa menerima PSI dibandingkan wilayah Banten sebelah barat, seperti Pandeglang, Lebak, dan sebagainya karena IPM-nya masih di bawah Tangsel," kata Hafiz.

2. Banten Barat adalah wilayah terberat PSI lawan opini negatif

Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap IdealisDok. Istimewa

Selain itu, masih menurut Hafiz, Banten Barat menjadi medan terberat bagi PSI dalam bertarung di Pileg 2019, khususnya dalam melawan kuatnya hembusan opini negatif. Ditambah lagi, kurangnya keterbukaan dalam pola berpikir masyarakat Banten Barat.

Meski begitu, para kader PSI terus turun ke daerah-daerah untuk mengampanyekan visi misi para calon legislatifnya dan melawan opini-opini negatif yang bertebaran di kalangan masyarakat bawah.

"Walaupun caleg kita blusukan di sana, tapi ya masyarakat sana belum menerima kita, terserang isu hoaks juga banyak kita, seminggu terakhir sebelum pencoblosan hoaks sangat masif," kata Hafiz.

3. Penyebab lain kegagalan di Banten Barat adalah politik identitas dan sikap nonpopulis PSI

Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap IdealisDok. Istimewa

Faktor konservatisme rakyat Banten wilayah Barat yang terlihat dengan kuatnya pengaruh politik identitas, dinilai Adib menjadi penyebab kegagalan PSI di sana.

"Gagal di Banten Barat karena kebanyakan pemilih masih didominasi oleh faktor politik identitas, seperti identitas agama. Apalagi, PSI dalam terobosan idenya banyak yang tak populis, seperti penolakan poligami, antiperda syariah. Ini jelas bertentangan dengan rasional pemilih di wilayah Lebak, Serang, Cilegon, dan Pandeglang," tukas dia.

4. PSI akan tetap idealis lawan korupsi

Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap IdealisIDN Times/Muhamad Iqbal

Meski PSI merupakan partai baru yang akan mengisi parlemen di Banten, idealisme PSI sebagai partai anak muda dan antikorupsi akan tetap dikedepankan dalam setiap kegiatan.

"Kami anak baru, kami akan tetap idealis dan juga akan melihat situasi di parlemen. Karena suara kami kecil, kami akan bergabung dengan yang sepaham dengan kami dan sekoalisi juga," tegas dia.

5. Oasis di tengah apatisme anak muda terhadap politik

Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap IdealisDok. Istimewa

Sementara itu, Adib Miftahul, pengamat politik dari Universitas Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, melihat kehadiran PSI di Parlemen Banten sebagai 'oasis' di tengah apatisme anak muda terhadap politik praktis.

"PSI mencitrakan partai anak muda atau generasi milenial, ada semacam pembaharuan baru, bahwa anak muda harus berperan, nah ini yg dijual," kata Adib kepada IDN Times.

6. Kalangan menengah atas banyak yang memberikan suara untuk PSI

Meski Jauh dari Target, Caleg PSI Lolos di Banten Akan Tetap IdealisDok. Istimewa

Adib pun menerangkan bahwa banyaknya kursi yang diraih melalui kota Tangsel itu didominasi oleh masyarakat yang tinggal di kompleks perumahan seperti BSD, Bintaro, Alam Sutera, dan sebagainya.

"Tangsel daerah penyangga Jakarta, yang notabene banyak anak muda melek medsos tinggal di kompleks perumahan yang notabene kalangan menengah, mereka open mind dengan visi PSI," tutur Adib.

Baca Juga: 4 Caleg PSI Lolos ke DPRD Tangsel, Nomor HP Mereka Diserahkan ke KPK

Topic:

  • Elfida

Just For You