Comscore Tracker

Polisi dan Bapeten Buru Oknum Pembuang Limbah Radioaktif di Serpong

Lokasi penemuan limbah radioaktif adalah permukiman warga

Tangerang Selatan, IDN Times - Paparan radiasi tinggi yang terdeteksi berada di komplek Batan Indah, Setu, Tangsel, bersumber dari serpihan sampah radioaktif yang dibuang oleh oknum. Untuk itu, pihaknya bersama kepolisian akan mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas limbah tersebut.

"Kita duga ada sumber radioaktif yang ada di dalam situ gitu, sehingga perlu dilakukan dekontaminasi. Kira-kira seperti itu (ada yang membuang), cuma kita belum sampai ke sana," ucap Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Indra Gunawan di lokasi penemuan limah radioaktif, Sabtu (15/2).

1. Komplek Batan Indah adalah permukiman warga, bukan area pemanfaatan nuklir

Polisi dan Bapeten Buru Oknum Pembuang Limbah Radioaktif di SerpongIDN Times/Muhamad Iqbal

Indra menjelaskan, paparan radiasi itu ditemukan ketika pihaknya tengah melintas sambil memonitor tingkat radiasi di sekitar lokasi. Kompleks Batan Indah adalah permukiman warga dan bukan tempat kegiatan pemanfaatan nuklir atau lab uji coba materi berbahaya itu.

"Jadi seharusnya memang tidak ada, dan tidak boleh ada seperti ini, jadi ini limbah atau sumber baru, tidak boleh ada di sini," ujarnya. 

Baca Juga: Tim Gegana Diterjunkan ke Area Radiasi Nuklir, Area Bahaya Diperluas

2. Mengejar oknum yang membuang atau meletakkan di lokasi tersebut

Polisi dan Bapeten Buru Oknum Pembuang Limbah Radioaktif di SerpongIDN Times/Muhamad Iqbal

Indra menjelaskan, pihaknya masih terus mencari informasi siapa yang meletakkan limbah radioaktif di permukiman warga. 

"Jadi kalau pertanyaannya Ini kenapa ada di sini, jalannya kan enggak bisa jalan sendiri ke sini. Artinya ada oknum atau siapa pun yang kita belum tahu yang entah membuang atau meletakkan di lokasi tersebut," kata Indra. 

3. Bapeten bersama polisi tengah menyelidiki kejadian tersebut

Polisi dan Bapeten Buru Oknum Pembuang Limbah Radioaktif di SerpongIDN Times/Muhamad Iqbal

Indra menegaskan, pihaknya akan menyelidiki asal-usul sampah radioaktif tersebut. "Ini yang sedang kami investigasi dari objek yang ada. Adakah informasi lanjutan yang bisa kita tindak lanjut," kata Indra.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk investigasi awal. Tapi ini masih perlu hasil dari lab teknisnya Batan. Ini sebenarnya produknya siapa dan seterusnya," sambungnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Radiasi Nuklir di Serpong Berasal dari Sampah Radioaktif

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya