Hasil Rekapitulasi di Tangerang:  Prabowo Menang Telak dari Jokowi

Selisih suara Prabowo-Sandi di Tangerang 97.971

Kota Tangerang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang selesai melakukan penghitungan suara, Rabu (8/5) kemarin. Hasilnya, pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, unggul atas pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin dengan selisih 97.971 suara.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra menjelaskan, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf berhasil mengumpulkan 464.992 suara atau 45,2 persen. Sementara paslon 02 Prabowo-Sandi unggul dengan memperoleh 562.963 atau 54,7 persen.

1. Ketua KPU Kota Tangerang: Hasil rekapitulasi disepakati bersama

Hasil Rekapitulasi di Tangerang:  Prabowo Menang Telak dari JokowiIDN Times/Galih Persiana

Menurut Syailendra, perolehan suara untuk kedua pasangan capres-cawapres di Kota Tangerang itu berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat Kota Tangerang, yang berjalan lancar dan disepakati bersama.

"Hasil ini yang dapat dipertanggungjawabkan dan juga dihadiri oleh kedua saksi, baik oleh paslon 01 maupun 02," ujar Syailendra saat dikonfirmasi, Kamis (9/5).

2. Dari 13 kecamatan, Jokowi hanya unggul di 3 kecamatan

Hasil Rekapitulasi di Tangerang:  Prabowo Menang Telak dari JokowiIDN Times/ M. Idris

Diketahui, dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf hanya unggul di tiga kecamatan yaitu Neglasari, Priuk, dan Karawaci.

Sementara paslon 02 memperlihatkan dominasinya dengan menang di hampir 10 kecamatan yang ada di Kota Tangerang.

3. Kubu Prabowo sebut kemenangan di Tangerang hasil kerja bersama

Hasil Rekapitulasi di Tangerang:  Prabowo Menang Telak dari JokowiIDN Times/Irfan fathurohman

Menanggapi kemenangan itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Daerah (BPD) Kota Tangerang Prabowo-Sandiaga, Turidi Susanto, bersyukur atas perolehan suara tersebut.

Ia mengatakan, perolehan suara itu merupakan hasil kerja sama tim pemenangan Prabowo-Sandi.

"Alhamdulillah saya kira ini bagian dari rasa bersyukur kita bahwa Kota Tangerang hari ini dinyatakan pemenang bagi Prabowo-Sandi, dalam hitungan manual di KPU dan ini hasil kerja bersama," ujarnya.

4. Tim pemenangan Jokowi dinilai terlalu percaya diri

Hasil Rekapitulasi di Tangerang:  Prabowo Menang Telak dari JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pengamat politik dari Universitas Syech Yusuf (Unis) Tangerang, Miftahul Adib, menilai kekalahan Jokowi-Ma'ruf di Tangerang merupakan salah satu dampak dari aksi 212 dan gerakan-gerakan serupa.

"Jika melihat beberapa waktu lalu warga Tangerang sebagian besar mengikuti aksi 212 yang kita ketahui sebagai gerakan politis. Dari situ warga Tangerang yang ikut aksi sangat militan mengkampanyekan antiJokowi," Kata Adib Kamis.

Selain itu, menurut Adib, tim pemenangan paslon 01 daerah Kota Tangerang nyaris sunyi senyap dibandingkan kubu lawannya yang sangat agresif. Hal tersebut dianggap Adib sebagai sikap over confident (terlalu percaya diri) di kubu paslon 01 Kota Tangerang.

"Sedangkan kubu 02 di Kota Tangerang ini begitu terstruktur dan masif dalam berupaya memenangkan Prabowo-Sandi, Itu bisa dilihat dari bagaimana rutinnya mereka menggelar acara-acara seperti tausyiah," pungkas Adib.

Baca Juga: Rekapitulasi Suara Pilpres: Jokowi Unggul Tipis dari Prabowo di Jakpus

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya