Comscore Tracker

Ratusan Kendaraan Diamankan Saat Razia Balap Liar di Tangerang

Pembalap dan penonton lari tunggang-langgang

Tangerang Selatan, IDN Times - Bulan Ramadan ternyata tak mampu menahan balapan liar untuk terjadi. Kepolisian Resor (Polres) Tangerang Selatan (Tangsel) baru saja melakukan razia besar-besaran pada Minggu (19/5) di lokasi yang biasa digunakan balap liar, di area proyek tol Serpong-Kunciran.

Saat disergap personel gabungan kepolisian dari berbagai arah, ratusan pembalap liar di lokasi itu pun lari tunggang-langgang.

Baca Juga: Kasus Makar Eggi Sudjana, Amien Rais Dipanggil Polda Metro Pagi Ini

1. Pelaku dan penonton balap liar meninggalkan ratusan kendaraannya begitu saja

Ratusan Kendaraan Diamankan Saat Razia Balap Liar di TangerangDok. Istimewa

Begitu disergap, pembalap liar serta penontonnya banyak yang meninggalkan kendaraan mereka di lokasi karena ketakutan. Meski begitu, ada pula yang tak bisa berkutik dan berhasil ditangkap oleh petugas. 

Polres Tangsel pun lantas mengamankan ratusan sepeda motor yang tertinggal di lokasi.

2. Puluhan personil gabungan yang diterjunkan

Ratusan Kendaraan Diamankan Saat Razia Balap Liar di TangerangDok. Istimewa

Kasatlantas Polres Tangsel, AKP Lalu Hedwin Hanggara, menjelaskan bahwa sebelum aksi penyergapan dilakukan, pihaknya menggelar apel persiapan terlebih dahulu. Operasi penyergapan pun, menurut Lalu, tak hanya dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas, tetapi melibatkan juga personel dari Sabhara, Satreskrim, hingga Brimob bersenjata lengkap.

"Total melibatkan 62 personel dengan 15 mobil dan 10 sepeda motor," ungkap AKP Lalu Hedwin Hanggara.

Lalu mengatakan, saat sejumlah personel merangsek masuk ke jalan tol baru, mereka menyebar dan langsung memburu pengendara yang terlibat dalam aksi balapan. 

3. Banyak kendaraan disita telah dimodifikasi bahkan tak punya surat-surat

Ratusan Kendaraan Diamankan Saat Razia Balap Liar di TangerangDok. Istimewa

Lalu menerangkan, beberapa sepeda motor yang disita telah dimodifikasi dari bentuk asli, didesain khusus agar dapat berlari kencang saat aksi balapan. Padahal, kondisi demikian jelas menyalahi aturan standardisasi kendaraan dalam berlalu lintas.

"Kendaraan yang diamankan ada sepeda motor dan mobil. Kebanyakan tak dilengkapi surat-surat kepemilikan. Ada pula yang tak memasang kaca spion, lampu, tak mengenakan helm, dan lainnya," beber Lalu.

4. Operasi terjadi berkat banyak laporan dari warga

Ratusan Kendaraan Diamankan Saat Razia Balap Liar di TangerangDok. Istimewa

Lalu mengungkapkan, operasi ini berhasil digelar karena mereka banyak mendapat laporan terkait aksi balap liar yang sangat meresahkan masyarakat.

"Mereka ini anak-anak muda yang melakukan aksi balap liar itu. Biasanya dilakukan menjelang dan sesudah sahur," ujar Lalu kepada para jurnalis.

Baca Juga: [Wawancara] Jejak Fahri Hamzah, si Pengantin Baru di Reformasi 1998 

Topic:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya