Razia Balap Liar, Ratusan Kendaraan Diamankan

Banyak motor modifikasi tanpa surat-surat disita

Tangerang Selatan, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan razia besar-besaran di lokasi yang biasa digunakan balap liar di area proyek tol Serpong-Kunciran, Minggu (19/5).

Saat disergap personel gabungan kepolisian dari berbagai arah, ratusan pembalap liar di lokasi itu lari tunggang-langgang.

Baca Juga: Kasus Makar Eggi Sudjana, Amien Rais Dipanggil Polda Metro Pagi Ini

1. Ratusan kendaraan ditinggalkan pelaku dan penonton balap liar

Razia Balap Liar, Ratusan Kendaraan DiamankanDok. Istimewa

Para pelaku balap serta penontonnya banyak yang meninggalkan kendaraan mereka di lokasi karena ketakutan. Meski banyak pelaku balap liar yang berhasil melarikan diri, banyak pula yang tak bisa berkutik setelah disergap petugas. 

Sementara, Polres Tangsel pun mengamankan ratusan sepeda motor yang tertinggal di lokasi.

2. Puluhan personil gabungan diterjunkan

Razia Balap Liar, Ratusan Kendaraan DiamankanDok. Istimewa

Kasatlantas Polres Tangsel, AKP Lalu Hedwin Hanggara, menjelaskan sebelum aksi penyergapan dilakukan, pihaknya menggelar apel persiapan terlebih dahulu. Menurut Lalu, tak hanya dari Satuan Lalu Lintas, operasi itu melibatkan personel dari Sabhara, Satreskrim, hingga Brimob bersenjata lengkap.

"Total melibatkan 62 personel dengan 15 mobil dan 10 sepeda motor," ungkap AKP Lalu Hedwin Hanggara.

Dikatakan Lalu, saat sejumlah personel merangsek masuk ke jalan tol baru, mereka menyebar dan langsung memburu pengendara yang terlibat dalam aksi balapan. Para pelaku balap liar pun lari menyelamatkan diri dan banyak yang meninggalkan kendarannya.

3. Banyak kendaraan yang disita sudah dimodifikasi dan tak memiliki surat-surat

Razia Balap Liar, Ratusan Kendaraan DiamankanDok. Istimewa

Lalu menerangkan, beberapa sepeda motor yang disita telah mengalami modifikasi dari bentuk aslinya. Kendaraan-kendaraan itu didesain khusus agar dapat berlari kencang saat aksi balapan berlangsung. Padahal, kondisi demikian menyalahi aturan standardisasi kendaraan dalam berlalu lintas.

"Kendaraan yang diamankan ada sepeda motor dan mobil. Kebanyakan tak dilengkapi surat-surat kepemilikan. Ada pula yang tak memasang kaca spion, lampu, tak mengenakan helm, dan lainnya," beber Lalu.

4. Operasi dilakukan karena banyak laporan dari warga

Razia Balap Liar, Ratusan Kendaraan DiamankanDok. Istimewa

Lalu mengungkapkan, operasi ini digelar karena pihaknya banyak mendapatkan laporan terkait aksi balap liar yang sangat meresahkan masyarakat.

"Mereka ini anak-anak muda yang melakukan aksi balap liar itu. Biasanya dilakukan menjelang dan sesudah sahur," ujar Lalu kepada awak media.

Baca Juga: [Wawancara] Jejak Fahri Hamzah, si Pengantin Baru di Reformasi 1998 

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya