Comscore Tracker

KPU Tetapkan Benyamin-Pilar Pemenang Pilkada Kota Tangsel

Tim saksi sempat mendesak agar penetapan ditunda

Tangerang Selatan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan akhirnya menetapkan pasangan calon wali dan wakil wali kota nomor urut 3 Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan sebagai pemenang Pilkada Kota Tangsel. 

Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan hasil penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan 2020 pada Rabu, 16 Desember 2020, sempat berlangsung alot.

Baca Juga: [BREAKING] Lama Berjuang Lawan COVID-19, Ketua KPU Tangsel Meninggal

1. KPU pastikan Benyamin-Pilar sebagai pemenang Pilkada Kota Tangsel

KPU Tetapkan Benyamin-Pilar Pemenang Pilkada Kota TangselIlustrasi Pilkada (ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.)

Paslon petahana itu unggul setelah mendapat suara 40 persen dari keseluruhan suara sah, atau sebanyak 235.734 suara.

Sedangkan posisi kedua, pasangan nomor urut 1 Muhamad-Rahayu Saraswati. Saras yang merupakan keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu mendapat 205.309 suara.

Sementara, putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Nurazizah-Ruhamben yang merupakan paslon nomor urut 2 menempati posisi paling buncit dengan perolehan suara sebanyak 134.682 suara.

2. Rapat pleno sempat terjadi deadlock

KPU Tetapkan Benyamin-Pilar Pemenang Pilkada Kota TangselIlustrasi Pilkada (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/hp.)

Penetapan tersebut dilakukan pada Kamis (17/12/2020) yang merupakan lanjutan dari hari sebelumnya.

Sebelumnya, pleno sempat berjalan alot lantaran tim saksi pasangan calon nomor urut 1 Muhamad-Saraswati kukuh agar tak segera dilakukan penetapan lantaran menilai banyak kejanggalan.

3. Penundaan penetapan akibat desakan tim saksi

KPU Tetapkan Benyamin-Pilar Pemenang Pilkada Kota TangselPaslon di Pilkada Tangsel 2020 (IDN Times/M Shakti)

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU Kota Tangerang Selatan Muhamad Taufiq Mizan mengatakan, adanya desakan penundaan dari tim saksi tidak mengubah hasil penghitungan yang kemudian ditetapkan dalam pleno.

"Persoalan hasil, suara masing-masing calon dari tingkat TPS sampai pleno kota tadi satu suara pun tidak ada yang berubah," kata Taufiq, Kamis (17/12/2020).

Menurutnya, jika tim saksi dari masing-masing pasangan calon ada yang keberatan dengan hasil pleno tersebut, mereka diminta membuat pengajuan keberatan.

"Jika ada catatan dan keberatan dalam proses ini silakan, mekanismenya kita bikin. Kita siapkan formulir untuk mengajukan keberatan kepada masing-masing calon," kata Taufiq.

Baca Juga: Anak Ma'ruf Amin dan Keponakan Prabowo Tumbang di Pilkada Tangsel

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya