KPU Pastikan Pilkada Ngawi Hanya Diikuti Paslon Tunggal 

Bakal melawan kotak kosong

Ngawi, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi memastikan bahwa bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang berlaga pada pilkada serentak 2020 hanya satu pasang. Yakni Ony Anwar - Dwi Rianto Jatmiko.

"Tidak ada (lagi) yang menyerahkan berkas di masa perpanjangan pendaftaran," kata Ketua KPU Ngawi Prima Aequina Sulistyanti saat dihubungi IDN Times, Senin (14/9/2020).

1. Diusung sepuluh partai politik di parlemen

KPU Pastikan Pilkada Ngawi Hanya Diikuti Paslon Tunggal Ilustrasi Pencoblosan (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada masa pendaftaran tahap pertama, yakni 4-6 September hanya pasangan Ony-Antok yang menyorongkan berkas ke KPU. Selain berisi tentang syarat bagi bakal calon, dokumen itu dilengkapi dukungan dari 10 partai politik yang dibubuhi tanda tangan pengurus pusat.

Adapun kesepuluh partai pendukung pasangan dengan jargon OK ini adalah PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Gerindra, PKS, PAN, NasDem, PPP, Hanura, dan Demokrat. Partai itu menguasai 45 atau keseluruhan kursi DPRD Ngawi.


Rinciannya, PDI Perjuangan sebanyak 20 kursi, Golkar lima kursi. Kemudian, PKB, Gerindra, dan PKS masing - masing 4 kursi. Selain itu, PAN memiliki tiga kursi dan NasDem dua kursi. Juga, PPP, Hanya, dan Demokrat yang masing-masing satu kursi.

2. Prediksi sebelumnya ternyata benar

KPU Pastikan Pilkada Ngawi Hanya Diikuti Paslon Tunggal ilustrasi Pilkada serentak 2020. IDN Times/ istimewa

Dengan komposisi seperti itu, awalnya pihak KPU sudah memperkirakan pilkada Ngawi bakal diikuti satu pasangan. Prediksi itu ternyata benar dan pasangan OK akan melawan kotak kosong pada masa pemungutan suara pada 9 Desember mendatang.


"Iya, pasangan ini bakal melawan kotak kosong," tulis Prima melalui pesan yang dikirim di aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Pilkada Serentak, Wabup dan Ketua DPRD Ngawi Terima Rekom DPP PDIP

3. Pemeriksaan kesehatan masih berlangsung

KPU Pastikan Pilkada Ngawi Hanya Diikuti Paslon Tunggal ilustrasi Pilkada

Disinnggung tentang hasil pemeriksaan dari hasil uji kesehatan Ony-Antok, Prima menyatakan belum keluar. Sebab, tahapan itu berlangsung selama dua hari, yakni Senin (14/9/2020) hingga Selasa (15/9/2020).

"Sekarang masih berlangsung,"ujar Prima.

Seperti diketahui, pasangan Ony-Antok mendaftarkan diri sebagai Bacabup - Bacawabup ke KPU pada Jumat (4/9/2020). Dengan mengayuh sepeda tanda, Wakil Bupati dan Ketua DPRD Ngawi petahana ini diantar kader sepuluh partai pengusung, dan simpatisan menuju ke kantor penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Hanya Satu Calon yang Daftar, KPU Ngawi Perpanjang Masa Pendaftaran

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya