Comscore Tracker

Diusung 10 Partai, Ony-Antok Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada Ngawi

Tak ada lagi bakal paslon yang mendaftar

Ngawi, IDN Times - Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko dipastikan akan melawan kotak kosong pada Pilkada Kabupaten Ngawi. Karena setelah masa perpanjangan pendaftaran, tidak ada lagi bakal paslon yang mendaftar.

"Tidak ada (lagi) yang menyerahkan berkas di masa perpanjangan pendaftaran," kata Ketua KPU Ngawi Prima Aequina Sulistyanti saat dihubungi IDN Times, Senin, 14 September 2020.

1. Pasangan Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko diusung 10 partai politik di parlemen

Diusung 10 Partai, Ony-Antok Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada NgawiIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada masa pendaftaran tahap pertama, yakni 4-6 September 2020, hanya pasangan Ony-Antok yang memberikan berkas ke KPUD Ngawi. Selain berisi tentang syarat bagi bakal paslon, dokumen itu dilengkapi dukungan dari 10 partai politik yang dibubuhi tanda tangan pengurus pusat.

Adapun kesepuluh partai pendukung pasangan dengan jargon OK ini adalah PDI Perjuangan, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Demokrat. Partai itu menguasai 45 atau keseluruhan kursi DPRD Ngawi.

Rinciannya, PDIP sebanyak 20 kursi, Golkar lima kursi. Kemudian PKB, Gerindra, dan PKS masing-masing empat kursi. Selain itu, PAN tiga kursi dan NasDem dua kursi. PPP, Hanura, dan Demokrat masing-masing satu kursi.

Baca Juga: Kontroversial, Ini Kata Millennial Soal Pilkada di Tengah Pandemik

2. Pasangan Ony-Antok akan melawan kotak kosong

Diusung 10 Partai, Ony-Antok Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada Ngawiilustrasi Pilkada serentak 2020. IDN Times/ istimewa

KPUD sudah memperkirakan Pilkada Ngawi akan diikuti satu pasangan. Dengan demikian, pasangan Ony-Antok akan melawan kotak kosong pada masa pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

"Iya, pasangan ini bakal melawan kotak kosong," tulis Prima melalui pesan pendek.

3. Pemeriksaan kesehatan masih berlangsung

Diusung 10 Partai, Ony-Antok Bakal Lawan Kotak Kosong di Pilkada NgawiIlustrasi Pilkada serentak 2020 (IDN Times/Sukma Shakti)

Namun, Prima mengatakan, hasil pemeriksaan tes kesehatan pasangan Ony-Antok, belum keluar. Sebab, tahapan itu berlangsung selama dua hari, yakni 14-15 September 2020.

"Sekarang masih berlangsung," ujar dia.

Perlu diketahui, pasangan Ony-Antok mendaftarkan diri sebagai bakal pasangan calon ke KPUD Ngawai pada Jumat, 4 September 2020. Dengan mengayuh sepeda tanda, wakil bupati dan ketua DPRD Ngawi ini diantar kader sepuluh partai pengusung dan simpatisan menuju ke kantor penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Hasil Tes Positif Narkoba, Bakal Calon Pilkada Barru Terancam Gagal?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya