Comscore Tracker

Banyak Petahana Tumbang, Ini 77 Caleg Jateng yang Lolos ke Senayan

Wah, gedung DPR bakal diisi wajah-wajah baru nih

Semarang, IDN Times - Sebanyak 1.046 caleg di Jawa Tengah memperebutkan 77 kursi DPR RI dalam Pemilu 2019. Mereka berlomba-lomba menarik simpati lebih dari 20 juta pemilih.

Caleg petahana boleh jadi lebih diuntungkan karena sudah memiliki pengalaman dan basis pemilih yang jelas. Namun, caleg pendatang baru juga tak bisa dianggap remeh.

Buktinya, di beberapa daerah pemilihan (dapil) di Jateng, mereka justru mampu menggeser petahana dan menggeser nama-nama besar dari Senayan.

Berikut daftarnya.

Baca Juga: Artis-Artis Caleg di Dapil Jateng Gagal Melenggang ke Senayan

1. Para caleg pendatang baru menggeser petahana

Banyak Petahana Tumbang, Ini 77 Caleg Jateng yang Lolos ke Senayaninstagram.com/kusumaparamithawidya

Di Dapil IX Jateng yang meliputi Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, dua caleg pendatang baru, Paramitha Widya Kusuma (PDIP) dan Nur Nadlifah (PKB) dipastikan melenggang ke Senayan. Keduanya menggeser caleg petahana Teguh Juwarno (PAN) dan Zaenut Tauhid (PPP).

Dua nama besar yang ikut kandas di dapil ini adalah mantan Menteri ESDM Sudirman Said (Gerindra) dan mantan Menteri Pertanian Suswono (PKS).

Beberapa caleg dari kalangan artis dan pesohor di Dapil  II Jateng yang meliputi Jepara, Kudus, Demak juga tidak berhasil mendulang banyak suara. Mantan atlet bulu tangkis Hariyanto Arbi (PSI) dan artis Dina Lorenza Audria (Demokrat) gagal merebut kursi panas DPR RI.

Kejutan justru muncul dari caleg pendatang baru PDIP, Gilang Dhiealafararez, yang meraup 138.341 suara, melampaui senior sekaligus mantan Bupati Kudus, Musthofa, yang hanya berhasil meraih 93.000 suara.

2. Caleg pendatang baru Nasdem raih suara terbanyak di Dapil II Jateng

Banyak Petahana Tumbang, Ini 77 Caleg Jateng yang Lolos ke SenayanDok. IDN Times/Istimewa

Caleg pendatang baru yang juga moncer di Dapil II adalah Lestari Moerdijat dari Partai Nasdem. Rerie, sapaan akrabnya, menyisihkan beberapa petahana dengan meraih suara terbanyak, yaitu 162.996 suara. Ada juga pendatang baru Nasdem lainnya, yaitu Eva Yuliana yang lolos dari Dapil V Jateng.

Sementara caleg petahana yang bertahan di Dapil II antara lain Nusron Wahid (Golkar) dengan 122.571 suara, Fathan (PKB) sebanyak 102.901 suara dan Abdul Wachid (Gerindra) dengan perolehan 60.284 suara.

Sementara di Dapil I Jateng (Kota dan Kabupaten Semarang, Kendal, serta Kota Salatiga), pendatang baru dari PDIP, Mochamad Herviano memperoleh 113.009 suara. Anak Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan itu dipastikan melenggang ke DPR RI bersama seniornya di PDIP sekaligus caleg petahana, Juliari P Batubara, yang meraih 171.269 suara.

Baca Juga: 26 Caleg PDIP Jateng Diprediksi Melenggang ke Senayan 

3. Gerindra hanya berhasil mengirimkan 8 calegnya ke DPR dari Dapil Jateng

Banyak Petahana Tumbang, Ini 77 Caleg Jateng yang Lolos ke SenayanInstagram.com/@sigit_ibnugroho

Partai Gerinda juga berhasil mengirimkan dua caleg pendatang baru ke Senayan, yaitu Sigit Ibnugroho (Dapil I) dengan 38.869 suara dan Sudewo (Dapil III) sebanyak 52.095 suara. Lolosnya Sigit terbilang fenomenal karena menyingkirkan caleg petahana Gerindra, artis Jamal Mirdad dan Waketum Sugiono.

Pada Pemilu 2019 ini, Gerindra hanya berhasil mengirimkan 8 calegnya ke DPR dari Dapil Jateng, turun dari periode dari sebelumnya yang meloloskan 10 caleg. Enam dari delapan caleg itu di antaranya merupakan caleg petahana, yaitu Abdul Wachid, Harry Poernomo, KRT H Darori Wonodipuro, Novita Wijayanti, Mohamad Hekal, danRamson Siagian.

“Hasil Pemilu 2019 ini tidak sesuai target. Ini akan menjadi bahan evaluasi partai,” kata Sekretaris DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, Minggu (19/5).

4. PDIP mendominasi dengan meloloskan 26 caleg ke Senayan

Banyak Petahana Tumbang, Ini 77 Caleg Jateng yang Lolos ke SenayanIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Sebanyak 77 caleg dari delapan partai di Dapil Jateng melenggang sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Dari jumlah 77 kursi tersebut, PDIP mendominasi dengan mengirimkan 26 calegnya. Berikutnya adalah PKB dengan 13 kursi, Golkar 11 kursi, Gerindra delapan kursi, Demokrat, Nasdem dan PKS masing-masing lima kursi, serta PPP empat kursi.

Caleg petahana PDIP terbukti masih mendominasi. Beberapa di antaranya adalah Puan Maharani, Aria Bima, Bambang Wuryanto, Agustina Wilujeng Pramestuti, Dewi Aryani, dan Hendrawan Supratikno.

Dari Partai Golkar, nama-nama lama juga bertahan, antara lain Endang Maria Astuti,  Singgih Januratmoko, Panggah Susanto, dan Bambang Soesatyo. Sedangkan petahana dari Nasdem adalah Fadholi, Sri Wulan, dan Sugeng Suparwoto. Sementara PKS meloloskan dua caleg incumbent dan tiga pendatang baru, yaitu Bukhori, Hamid Noor Yasin, Abdul Kharis Almasyhari, Rofik Hananto, dan Abdul Fikri Faqih.

5. Demokrat loloskan empat wakil ke Senayan, semuanya pendatang baru

Banyak Petahana Tumbang, Ini 77 Caleg Jateng yang Lolos ke SenayanDok. IDN Times/Istimewa

Wakil dari PKB juga juga masih dikuasai oleh nama-nama lama, seperti Marwan Ja’far, M Thoha, Abdul Kadir Karding dan Siti Mukarromah. Partai Demokrat membuat fenomena menarik karena lima wakilnya yang lolos ke Senayan dari Jateng semuanya merupakan caleg pendatang baru. Mereka adalah Yoyok Sukawi, Harmusa Oktaviani, Bramantyo Suwondo, Lasmi Indaryani dan Wastam.

Pada Pemilu 2019 ini, PPP hanya mengirimkan empat wakilnya menjadi anggota DPR dari Jateng, yaitu Moh Arwani Thomafi, KH Muslich Zainal Abidin, Asrul Sani, dan Rojih yang merupakan satu-satunya pendatang baru.

Baca Juga: Sosok Mitha, Wajah Baru yang Bakal Duduk di Kursi Panas Senayan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya