Comscore Tracker

Densus 88 Tangkap 8 Terduga Teroris di Jateng

Jumlah bisa saja bertambah

Semarang, IDN Times - Sebanyak delapan terduga teroris di beberapa wilayah di Jawa Tengah berhasil ditangkap oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) Antiteror 88 Mabes Polri pada Selasa (14/5). Kedelapan terduga teroris yang ditangkap di Grobogan, Sragen, Kudus, dan Magelang itu masih menjalani pemeriksaan di Mapolda Jateng. 

Penangkapan terkait dengan jaringan terorisme yang sebelumnya ditangkap di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca Juga: Terduga Teroris yang Ditangkap di Madiun Disebut Jarang Bekerja  

1. Penangkapan sepenuhnya di tangan Densus 88 Antiteror

Densus 88 Tangkap 8 Terduga Teroris di JatengIDN TImes/NUgroho Adi Purwoko

Pernyataan itu disampaikan oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko A. Dahniel, kepada jurnalis di Mapolda Jateng Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (14/5) petang. Penangkapan terbanyak di Magelang, meski dia tak bisa menyebutkan jumlahnya.

“Bisa saja jumlahnya nanti bertambah karena ini masih dikembangkan,” ujar Rycko.

Menurut Rycko, kedelapan terduga teroris masih akan menjalani pemeriksaan sampai tujuh hari ke depan untuk mengetahui apakah mereka terbukti bersalah atau tidak. Kapolda pun menegaskan penangkapan ini ditangani sepenuhnya oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri, sementara Polda Jateng hanya membantu proses pengamanan kasus.

"Jadi untuk Polda dan jajaran di bawahnya, sifatnya hanya membantu mengamankan lokasi. Penangkapan sepenuhnya wewenang Densus 88 Antiteror," jelas dia.

 

2. Semua yang tertangkap adalah warga pendatang

Densus 88 Tangkap 8 Terduga Teroris di JatengDok. IDN Times

Salah satu terduga teroris yang ditangkap diketahui bernama Ahmad Hafidz. Dia ditangkap seusai melaksanakan Salat Subuh di masjid sekitar rumahnya di Desa Godong, Kabupaten Grobogan.

Kepala Desa Godong, Zaenal Arifin, membenarkan penangkapan tersebut. Meski begitu, dia menyatakan Zaenal bukan warga asli Godong. Saat penangkapan terjadi, banyak warga yang melihat karena dilakukan di tempat umum.

“Dia hanya mengontrak di sini. Sebelum tinggal di Godong, dia berasal dari Magelang,” kata dia.

 

3. Penangkapan di Sukoharjo dan Sragen

Densus 88 Tangkap 8 Terduga Teroris di JatengDok. IDN TImes

Densus 88 Antiteror juga mengamankan terduga teroris berinisial Agung, 25, di Gumpang, Kartasura, Sukoharjo. Menurut Ketua RT 007/RW 001 Gumpang, Kartasura, Nur Alim, Agung adalah warga pindahan yang baru sekitar 6 bulan lamanya mengontrak rumah di Gumpang. Sehari-hari, Agung berjualan dawet dan membuka warung angkringan di sekitar rumah.

"Tidak banyak warga yang tahu karena dia ngontrak rumah di sini. Tahunya ya penjual dawet, gak nyangka kalau terlibat jaringan terorisme" jelas Nur. 

Sementara itu di Sragen, Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap dua terduga teroris berinisial IH, warga Colomadu, Karanganyar dan AMF, warga Tasikmalaya, Jawa Barat. Keduanya ditangkap di lokasi berbeda.

“Benar ada penangkapan di Gemolong, tapi itu dari Densus 88 Antiteror. Saya tidak bisa memberikan keterangan apa-apa, beda kewenangan. Itu Mabes yang akan memberikan keterangan,” ujar Kapolsek Gemolong, AKP I Ketut Putra, Rabu (15/5).

 

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Dua Terduga Teroris Kelompok JAD di Bekasi

Topic:

  • Elfida

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 21:45:07

Progress: 764.083 dari 813.350 TPS (93.94271%)

Just For You