Sanding Data C1, Bawaslu Boyolali Temukan Perbedaan dengan C1 Menteng

C1 yang disimpan di KPU Boyolali berhologram

Boyolali, IDN Times -Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boyolali, Jawa Tengah, sudah menyandingkan data C1 dengan C1 yang ditemukan di Menteng, Jakarta Pusat. Hasilnya, terdapat perbedaan di antara keduanya. Namun, Bawaslu Boyolali belum bisa memastikan apakah C1 yang ditemukan di Menteng, Jakarta Pusat, itu palsu atau tidak.

1. Temuan ribuan C1 masih diselidiki Bawaslu DKI Jakarta

Sanding Data C1, Bawaslu Boyolali Temukan Perbedaan dengan C1 Menteng

Baca Juga: Penemuan Ribuan C1 di Jakarta Tak Ganggu Rekapitulasi di KPU Jateng 

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono. Menurut dia, meski ditemukan ada perbedaan antara data C1 KPU Boyolali dengan C1 Menteng, namun pihaknya belum bisa mengungkapkan hasil keseluruhan investigasi karena masih menunggu kepastian dari Bawaslu DKI Jakarta dan Bawaslu Jawa Tengah.

“Iya betul, Selasa (7/5) kemarin Bawaslu DKI mengirim sampel C1 yang ditemukan itu. Hari ini kami sudah menyandingkan dengan C1 yang disimpan di KPU Boyolali. Hasilnya memang ada perbedaan,” kata Taryono saat dihubungi IDN Times melalui telepon, Rabu (8/5).

2. Bawaslu Boyolali belum bisa memastikan C1 Menteng asli atau tidak

Sanding Data C1, Bawaslu Boyolali Temukan Perbedaan dengan C1 MentengIDN Times/NUgroho Adi Purwoko

Taryono mengungkapkan meski menemukan ada perbedaan, namun pihaknya belum bisa menyimpulkan bahwa formulir C1 yang ditemukan di Menteng itu palsu atau asli. Yang jelas, lanjut dia, C1 yang ditemukan di Menteng berbeda dengan formulir C1 yang disimpan di KPU Boyolali.

“Kalau soal palsu atau tidak kami belum bisa mengatakan. Bawaslu DKI kan masih melakukan investigasi dan penyelidikan,” jelas dia.

Ditambahkan Taryono, dua kardus formulir C1 yang ditemukan di Menteng tersebut masih ditangani oleh Bawaslu DKI Jakarta. Sementara Bawaslu Boyolali hanya bertugas menyandingkan sampel kedua C1 dan selanjutnya menerima laporan dari Bawaslu DKI Jakarta.

3. Formulir C1 di KPU Boyolali berhologram

Sanding Data C1, Bawaslu Boyolali Temukan Perbedaan dengan C1 MentengIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Bawaslu Boyolali, kata Taryono, selalu siap jika sewaktu-aktu dibutuhkan untuk membantu penyelidikan temuan formulir C1 tersebut. Menurut dia, formulir C1 yang disimpan KPU Boyolali terdapat hologram. Sementara C1 yang dibagikan kepada para saksi peserta pemilu hanya berupa salinan dalam bentuk fotokopian.

“Nah, nanti bisa dilihat apakah C1 yang ditemukan di Menteng itu ada hologramnya atau tidak. Itu kan bisa ketahuan mana yang asli dan yang tidak,” jelas Taryono.

Baca Juga: Kronologi Penemuan Ribuan Formulir C1 di Menteng Jakarta Pusat 

Topik:

Berita Terkini Lainnya