Kisah Pasangan Suami Istri di Sragen Lolos Jadi Anggota DPR

Kampanye selalu bareng, anak ditipkan ke kakeknya

Sragen, IDN Times –Pasangan suami istri di Sragen, Jawa Tengah, dipastikan lolos menjadi anggota DPR berdasarkan penghitungan sementara. Mereka adalah Untung Wibowo Sukowati yang lolos menjadi anggota DPRD Jateng. Sementara istrinya, Wulan Purnama Sari, melenggang ke PDRD Sragen. Untung merupakan adik Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Baca Juga: Kisah Caleg DPRD Pekalongan yang Hampir Menjual Ginjalnya

1. Selalu kampanye bareng, anak dititipkan ke kakeknya

Kisah Pasangan Suami Istri di Sragen Lolos Jadi Anggota DPRDPD PDIP Sragen

Keberhasilan Bowo dan Wulan menjadi anggota dewan ini tidak diperoleh dengan mudah. Keduanya hampir selalu kampanye bersama-sama sehingga kedua anak kembar mereka yang masih berusia 9 tahun terpaksa dititipkan kepada sang kakek.

“Mereka sempat ngambek juga karena ayah dan ibunya pergi setiap hari. Tapi setelah dikasih pengertian sama ibunya mereka akhirnya mau ngertiin juga, meski ngambeknya masih,” kata Bowo kepada IDNT Times, Sabtu (27/4).

Bowo dan Wulan yang merupakan caleg PDIP memang mempunyai daerah pemilihan yang sama, yaitu Kabupten Sragen. Bowo maju menjadi caleg di Dapil Jateng VI yang meliputi Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri, sedangkan Wulan yang maju menjadi caleg DPRD Sragen di Dapil VI meliputi Kedawung, Karangmalang, dan Ngrampal.

2. Perolehan suara terbanyak di Kabupaten Sragen

Kisah Pasangan Suami Istri di Sragen Lolos Jadi Anggota DPRDPC PDIP Sragen

Bowo merupakan caleg petahana di DPRD Jateng, sedangkan Wulan merupakan pendatang baru. Namun, meski baru pertama kali nyaleg Wulan berhasil meraih 12.090 suara pada Pemilu 2019 ini. Perolehan suara ini diklaim sebagai perolehan terbanyak se-Kabupaten Sragen.

Sementara perolehan suara Bowo di Kabupaten Sragen sebanyak 135.000 suara, sedangkan perolehan suara di Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri belum diketahui. Perolehan suara Bowo di Sragen mengungguli caleg DPR dari PDIP yang memiliki basis massa kuat di Sragen.

“Strateginya, selama hampir lima tahun menjadi anggota dewan saya berusaha memenuhi janji ke masyarakat. Saya juga sering menemui konstituen untuk mendengarkan aspirasi mereka,” kata Bowo.

 

3. Ada juga caleg suami-istri yang lain, Joko dan Asita

Kisah Pasangan Suami Istri di Sragen Lolos Jadi Anggota DPRKPU Sragen

Selain Bowo dan Wulan, ada juga pasangan suami istri dari Partai Demokrat yang sama-sama nyaleg, yaitu Joko Saptono untuk DPRD Jateng di Dapil Jateng IV, sementara istrinya, Asita, maju sebagai caleg DPRD Sragen di Dapil Sragen VI. Namun, keduanya belum diketahui lolos atau tidak karena penghitungan suara belum selesai.

“Kami menyerahkan sepenuhnya kepada KPU. Untuk sementara, istri saya memperoleh 2.462 suara. Kemungkinan besar dia bisa lolos menjadi anggota dewan dari Demokrat,” ujar Joko.

Baca Juga: Dipaksa Sediakan Rp750 Juta, Dosen Kandidat Doktor Bunuh Caleg DPRD 

Topik:

Berita Terkini Lainnya