Comscore Tracker

Pendaki Gunung Merbabu Kini Wajib Daftar Secara Daring

Kamu sudah pernah mendaki Merbabu belum?

Jakarta, IDN Times - Pendakian Gunung Merbabu di Boyolali, Jawa Tengah, kini mempunyai aturan baru. Mengikuti jejak Gunung Semeru di Jawa Timur yang mendata setiap pendaki, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Boyolali mulai Kamis (25/4) lalu, menerapkan sistem booking daring bagi seluruh pendaki. 

Langkah ini dilakukan untuk mencegah kepadatan di jalur pendakian, sekaligus untuk mengutamakan keselamatan pendaki. Sistem booking online untuk sementara diterapkan pada jalur pendakian Selo, Boyolali.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Inilah 10 Pantangan Selama Mendaki Gunung

1. Untuk mengatur kuota pendakian dan penanganan kondisi darurat

Pendaki Gunung Merbabu Kini Wajib Daftar Secara DaringANTARA FOTO

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala BTNGMb Johan Setiawan, sistem booking daring tersebut berguna untuk mengatur jumlah atau kuota pendaki, agar tidak terjadi penumpukan. Sebab, pada waktu-waktu tertentu jalur pendakian sangat padat akibat banyaknya jumlah pendaki.

“Contohnya saat libur panjang pemilu kemarin. Saking banyak jumlah pendaki, di atas sampai berdesak-desakan, lalu menjadi viral di media sosial,” kata Johan kepada IDN Times, Minggu (28/4).

Johan menjelaskan sistem booking online juga untuk memudahkan pendaki mengurus surat izin masuk kawasan konservasi. Pendaftaran secara daring juga akan memudahkan Tim SAR jika terjadi darurat saat pendakian, misalnya adanya pendaki yang tersesat atau jatuh ke jurang.

2. Tahap uji coba di jalur pendakian Selo

Pendaki Gunung Merbabu Kini Wajib Daftar Secara DaringBTNGMb Boyolali

Dalam melakukan booking daring, pendaki wajib mengisi data-data standar, seperti nama pendaki, nomor kartu identitas, jumlah pendaki dalam rombongan, waktu pendakian, dan kontak person yang dapat dihubungi. Sistem ini baru dalam tahap uji coba di jalur pendakian melalui Selo, yang merupakan jalur pendakian paling ramai dibandingkan lainnya.

“Nanti akan kita evaluasi terus sampai menemukan format yang pas. Selain website, kami juga sedang menyiapkan aplikasi booking. Untuk sementara diberlakukan di jalur Selo, nanti empat jalur pendakian Gunung Merbabu lainnya menyusul,” kata John.

3. Lima jalur pendakian Gunung Merbabu yang selalu ramai

Pendaki Gunung Merbabu Kini Wajib Daftar Secara DaringBTNGMb Boyolali

Gunung Merbabu sangat diminati para pendaki, terutama mereka yang pemula. Jalur pendakiannya yang tidak terlalu ekstrem dan mudah dilalui, membuat gunung dengan ketinggian 3.145 mdpl itu merupakan salah satu gunung paling populer untuk pendakian.

Gunung ini mempunyai lima jalur pendakian, yaitu jalur Selo (Boyolali), Tekelan (Kopeng, Salatiga), kemudian Suwanting, Cuntel, dan Wekas yang ketiganya di Magelang. Pada hari libur, kelima jalur pendakian ini sangat ramai, baik oleh pendaki yang akan mendaki maupun turun.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya