Comscore Tracker

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Agar pendakianmu lebih aman dan nyaman

Lain dulu, lain sekarang. Kegiatan mendaki gunung kini bukan hanya dilakukan oleh para pegiat dan pecinta alam saja, namun orang awam pun banyak yang tertarik menjajal aktivitas yang tergolong ekstrem ini.

Sayangnya, masih ada sebagian dari mereka yang memaknai mendaki gunung bukan sebagai olahraga high risks, melainkan disamakan dengan piknik ceria biasa. Gak heran, masih banyak para pendaki pemula yang melupakan persiapan-persiapan penting sebelum pendakian. Padahal bila tidak disiapkan betul-betul, risiko nyawa melayang menjadi taruhannya.

Agar pendakianmu lebih aman dan nyaman, yuk persiapkan dengan baik 8 hal berikut. Mendaki gunung sah dilakukan siapa saja asalkan benar dalam persiapannya.

1. Melatih kekuatan fisik

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki Gunungpixabay.com/Free-Photos

Karena tergolong olahraga ekstrem, persiapan fisik sebelum pendakian tentu wajib kamu lakukan. Kamu harus menyiapkan kondisi tubuhmu ke level prima. Berolahragalah dengan rutin selama 1-2 bulan sebelum pendakian. Kamu bisa melatih kebugaran tubuhmu dengan jogging, naik turun tangga, dan berlatih mengangkat beban berat di punggungmu.

2. Melatih kekuatan mental

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki GunungDok. Pribadi/Intan Deviana

Selain menyiapkan kondisi fisik tubuh agar prima, kamu juga harus melatih kekuatan mental kamu sebelum mendaki. Kamu harus menyadari bahwa di gunung semua serba terbatas.

Pastikan dirimu gak gampang baper atau cengeng bila dihadapkan pada kondisi terburuk sekalipun, seperti hujan badai, kelelahan fisik, atau kondisi jalur yang menyiksa. Kamu harus bisa tangguh menjalani setiap proses menuju puncak dan kembali ke base camp dengan selamat.

3. Menyiapkan peralatan standar pendakian

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki GunungDok. Pribadi/Intan Deviana

Meskipun kamu mendaki secara berkelompok, bukan berarti kamu jadi abai dengan peralatan pendakian yang wajib kamu siapkan sendiri. Kamu harus perhatikan dengan baik gears mendaki apa saja yang sepatutnya kamu bawa.

Bila perlu, catat satu per satu peralatan pendakian yang harus dibawa dan cek kembali sebelum kamu berangkat mendaki. Jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi yang kira-kira kamu perlukan.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Gunung Papandayan Layak Jadi Tujuan Pendakian Pertamamu

4. Berlatih keterampilan dasar pendakian

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki GunungDok. Pribadi/Intan Deviana

Kamu juga harus melatih diri untuk paham beberapa keterampilan dasar selama pendakian meski kamu tahu teman sekelompokmu banyak yang sudah jago melakukannya. Tentu saja hal tersebut penting agar kamu gak sedikit-sedikit bergantung pada teman sependakianmu. Ingat, kamu gak boleh manja selama mendaki gunung!

Beberapa keterampilan dasar mendaki yang wajib kamu kuasai antara lain cara packing yang benar ke dalam carrier, bagaimana cara membangun tenda, cara memasak nasi menggunakan nesting, cara mengatasi hipotermia, dan cara survive ketika kamu tersesat atau terpisah dari rombongan.

5. Menghindari memakai atau membawa pakaian berbahan jeans

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki Gunungviriyaps.wordpress.com

Tentu saja karena pakaian berbahan jeans lebih lama kering dan jadi makin berat dipakai ketika terkena hujan. Ketika dalam posisi kering pun, pakaian jeans tidak cukup membantu menghangatkan tubuhmu. Jadi, gak perlu repot-repot membawa celana atau atasan berbahan jeans saat kamu mendaki gunung, ya.

6. Mencari tahu segala informasi tentang gunung yang akan kamu daki

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki GunungDok. Pribadi/Nanda Pangawitan

Ini penting banget kamu lakukan sebelum kamu pergi mendaki. Kamu harus paham bagaimana medan pendakian yang akan kamu tempuh, berapa estimasi waktu yang diperlukan untuk bisa sampai puncak, dan "bonus" pendakian apa saja yang menantimu saat di perjalanan nanti. Semua hal seputar gunung yang akan kamu daki harus kamu kuasai supaya fisik dan mental kamu lebih siap.

7. Mencukupi asupan gizi

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki Gunungpixabay.com/Rita

Selain menyiapkan fisik agar lebih prima, kamu juga perlu memerhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi sebelum memulai pendakian. Hindari makanan atau minuman yang bisa mengganggu kesehatanmu, seperti minuman dingin atau gorengan. Perbanyak makan sayur, buah, dan makanan bergizi lainnya agar tubuhmu makin bertenaga.

8. Jangan lupa untuk minta izin pada orang tua, pasangan, atau keluarga dekatmu

Jangan Anggap Remeh! 8 Hal Ini Wajib Disiapkan Sebelum Mendaki GunungDok. Pribadi/Intan Deviana

Nah, ini dia persiapan mendaki gunung yang paling utama. Sebaiknya jangan sekali-kali melakukan pendakian tanpa mengantongi izin orang tua, pasangan, atau keluarga dekat.  Mendaki gunung itu sendiri saja sudah cukup memiliki banyak risiko. Jangan menambah risiko tersebut dengan pergi mendaki tanpa mendapat izin dan restu dari mereka, ya!

Rasanya tidak bijak bila memaknai kegiatan mendaki gunung seperti halnya jalan-jalan pada umumnya. Meski sekarang gunung sudah seperti tempat wisata yang selalu ramai setiap akhir pekan, bukan lantas membuatmu menggampangkan aktivitas pendakian ini. Persiapan matang dan maksimal tetap wajib kamu lakukan agar pendakianmu selalu aman hingga kembali pulang.

Baca Juga: Suka Naik Gunung? Lebih Baik Bawa 5 Makanan Sehat Ini Selama Pendakian

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya