Resmikan Bendungan Gondang, Jokowi: Ini Hadiah untuk Rakyat

Mampu mengairi sawah seluas 4.680 hektare

Karanganyar, IDN Times -Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian Bendungan Gondang di Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (2/5). Waduk berdaya tampung  9,15 juta meter kubik air itu diperkirakan mampu mengairi lahan pertanian seluas 4.680 hektare di wilayah Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

Baca Juga: 18 Kabupaten di Jateng Berpotensi Alami Kekeringan Ekstrem

1. Untuk pengairan dan destinasi wisata air yang instagramable

Resmikan Bendungan Gondang, Jokowi: Ini Hadiah untuk RakyatIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, Bupati Karanganyar Juliyatmono, dan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Begitu tiba, Presiden langsung meninjau lokasi dan melihat maket pembangunan Bendungan Gondang. Sekitar 30 menit kemudian, Jokowi mulai meresmikan operasional waduk yang  pembangunannya dimulai sejak tahun 2014 itu.

“Ini Bendungan Gondang telah selesai, nanti setelah airnya terkumpul bisa mengairi sawah sekitar 4.680 hektare di Karanganyar dan Sragen. Tidak hanya untuk pertanian, bendungan ini juga sangat bagus untuk tempat wisata. Ini bagus untuk ekonomi dua kabupaten,” kata Jokowi.

2. Hadiah untuk warga karena Jokowi-Ma’ruf Amin Menang 80 persen di Karanganyar?

Resmikan Bendungan Gondang, Jokowi: Ini Hadiah untuk RakyatIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Presiden menyebut Bendungan Gondang merupakan hadiah untuk warga Karanganyar. Hal itu disampaikan Jokowi menanggapi Bupati Karanganyar Juliatmono yang meminta hadiah karena perolehan suara Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 di Karanganyar mencapai 80 persen.

“Tadi Pak Bupati minta hadiah. Lhah Bendungan Gondang ini apa bukan hadiah? Masih mau minta lagi? Sebentar lagi akan dibangun Bendungan Jelantah, apa bukan hadiah? Tadi keliatannya kampanye semangat. Ini Pilpres sudah selesai lho,” ujar Jokowi yang  disambut tawa tamu undangan.    

3. Bendungan Gondang dibangun selama 5 tahun sejak 2014

Resmikan Bendungan Gondang, Jokowi: Ini Hadiah untuk RakyatIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Bendungan Gondang dibangun oleh PT Waskita Karya selama lima tahun mulai 2014 dengan biaya sebesar Rp657 Miliar. Bendungan ini mampu menampung air 9,15 juta meter kubik, dan diperkirakan akan mengairi sekitar 4.680 hektare lahan pertanian di Karanganyar dan Sragen.

Selama ini beberapa wilayah di dua kabupaten itu kerap dilanda kekeringan, terlebih saat musim kemarau. Bendungan Gondang diperkirakan bisa menjadi solusi masalah kekeringan sehingga petani bisa mengairi sawahnya dan mendapatkan hasil panen yang berlimpah.

 

Baca Juga: Kekeringan Sedang Melanda, Yuk Waspadai Dengan Cara Ini

Topik:

Berita Terkini Lainnya