18 Kabupaten di Jateng Berpotensi Alami Kekeringan Ekstrem

Sebaran kekeringan terbanyak di Kabupaten Wonogiri

Semarang, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan 18 kabupaten di Jawa Tengah tercatat berpotensi mengalami kekeringan dalam kategori ekstrem.

1. Daerah tidak turun hujan lebih dari 60 hari

18 Kabupaten di Jateng Berpotensi Alami Kekeringan EkstremANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko mengatakan, kategori kekeringan ekstrem dilihat berdasarkan daerah yang tidak turun hujan selama lebih 60 hari secara berturut-turut.

"Peringatan dini kekeringan di Jawa Tengah berdasarkan informasi terbaru per 31 Juli 2018," katanya seperti dikutip Antara, Kamis (2/8).

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Selain Jakarta, 10 Kota Besar Ini Terancam Kekeringan

2. Sebaran kekeringan terbanyak di Kabupaten Wonogiri

18 Kabupaten di Jateng Berpotensi Alami Kekeringan EkstremANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Dari 18 kabupaten itu, kata dia, Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah dengan sebaran terbanyak daerah yang berpotensi mengalami kekeringan.

Selain 18 daerah yang akan mengalami kekeringan dengan kategori ekstrem, terdapat pula sejumlah wilayah yang mengalami kekeringan dengan kategori sangat panjang.

"Kekeringan dengan kategori sangat panjang didasarkan atas daerah yang tidak turun hujan selama 31 hingga 60 hari secara terus menerus," ungkapnya.

3. Pemda diminta melakukan antisipasi bencana

18 Kabupaten di Jateng Berpotensi Alami Kekeringan EkstremANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Dari prakiraan tersebut, lanjut dia, terdapat tiga daerah yang terpanjang tidak ada hujan. Ketiga daerah tersebut masing-masing Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara yang mencapai 113 hari, serta Kecamatan Baturetno dan Giritontro, Kabupaten Wonigiri yang sudah 102 hari dan 98 hari tidak ada hujan.

Atas kondisi tersebut, lanjut dia, pemerintah daerah bisa melakukan kesiapan untuk mengantisipasi bencana kekeringan itu.

Baca Juga: Siap-siap! Minggu Ini adalah Puncak Musim Kemarau di Surabaya

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya