Comscore Tracker

Pertemuan Haru Nabila dan Nadya, Saudara Kembar yang Terpisah 16 Tahun

Nabila dan Nadya berinteraksi awal melalui medsos

Makassar, IDN Times - Kisah saudara kembar yang terpisahkan belasan tahun dan bertemu kembali, menggemparkan media sosial. Nabila Azzahra dan Nadya Elvira, sepasang saudara kembar yang berusia 16 tahun yang saling menemukan keberadaan satu sama lain melalui media sosial Twitter.

Johra Daeng Rannu, 62, ibu angkat Nabila menceritakan bagaimana runutan kisah anaknya bisa mengetahui keberadaan Nadya, saudara kembarnya yang terpisah selama 16 tahun.

"Ada sepupunya, di sini awalnya tanyakan ke Nabila, kalau ada perempuan yang mirip dengan dia di internet (Twitter). Terus ramai sekali orang komentar-komentar katanya di internet itu karena dia (Nadya) mirip dengan Nabila," kata Johra kepada IDN Times di Makassar, Rabu (15/1).

Informasi dari sang sepupu itu, membuat Nabila sangat penasaran. Sialnya, waktu itu ponsel milik Nabila sedang rusak. Butuh beberapa hari hingga akhirnya Nabila bisa mengakses informasi tentang Nadya di Twitter.

"Dia (Nabila) ini memang aktif main internet. Makanya waktu handphone-nya rusak, terus sepupunya datang kasih tahu kalau ada orang mirip dia, saya usahakan untuk perbaiki handphone-nya supaya bisa dipakai lagi," ujar Johra.

1. Netizen membantu Nabila mengorek informasi soal Nadya, kembarannya di Depok, Jawa Barat

Pertemuan Haru Nabila dan Nadya, Saudara Kembar yang Terpisah 16 TahunTwitter nabila az-zahra

Pada Selasa (7/1) lalu, adalah interaksi pertama Nabila dengan kembarannya, Nadya. Tak diduga, saat membuka pesan pribadi di Instagramnya, siswi kelas II SMA PGRI Sunggiminasa, Kabupaten Gowa tersebut menerima pesan dari Nadya. Ternyata sang saudara kembar sudah lebih dulu mengirimkan pesan perdana.

Johra meanggap interaksi Nabila dan Nadya sebagai anugerah. Menurutnya, itu semua terjadi berkat bantuan netizen yang sebelumnya meramaikan curahan hati Nadya di Twitter. Dengan bantuan netizen, akun Instagram Nabila akhirnya diketahui oleh Nadya.

"Jadi Nabila ini merasa kalau rasa penasarannya dari cerita-cerita di internet itu terus disampaikan lagi sama sepupunya, terbayarkan. Dia merasa lega, bahagia karena bisa kenal sama kembarannya," ucap Johra.

Setelah membuka pesan pribadi di Instagramnya itu, Nabila kemudian langsung merespons pesan perkenalan awal dari Nadya. Mereka pun saling mengetahui lokasi masing-masing, Nabila di Makkassar dan Nadya di Depok, Jawa Barat.

Tidak berselang lama, perbincangan keduanya berlanjut ke tahap yang sangat mendetail. Saling bertukar nomor ponsel hingga berinteraksi melalui video call secara intens.

Selain kembar secara fisik, di sisi lain keduanya mempunyai banyak kesamaan lainnya seperti menu makanan favorit dan hobi. Dari perbincangan mendalam itu, keduanya semakin yakin bahwa mereka adalah saudara kembar.

2. Nabila sempat mempertanyakan kepada ibunya soal kembarannya

Pertemuan Haru Nabila dan Nadya, Saudara Kembar yang Terpisah 16 TahunTwitter nabila az-zahra

Komunikasi yang intens itu mendorong Nabila mempertanyakan soal jati dirinya kepada ibunya. Johra pun akhirnya mengungkap seluruh sisi kehidupan tentang saudara kembar yang berpisah 16 tahun lamanya itu.

"Saya ajak dia (Nabila) ceritakan semuanya baik-baik. Saya kasih duduk dia, baru cerita semuanya kalau dia memang punya saudara kembar. Saya mengakui semua kalau dia adalah anak angkatku. Tapi sudah seperti anak kandung sendiri karena dari kecil saya bilang sama dia, saya yang rawat," kata Johra.

Mendengarkan penuturan itu, Nabila kemudian memeluk erat sang ibu. Isak tangis keduanya saat itu, tidak terbendung. Mengingat, hubungan antara Nabila dan Johra sudah sangat dekat selayaknya orang tua kandung sendiri.

Baca Juga: 5 Film Biografi Terbaik tentang Tokoh Perempuan Indonesia, Inspiratif!

3. Johra dan suaminya mengadopsi Nabila setelah diminta oleh ibu kandungnya sesaat setelah melahirkan

Pertemuan Haru Nabila dan Nadya, Saudara Kembar yang Terpisah 16 TahunTwitter nabila az-zahra

Johra menuturkan, dia mengadopsi Nabila beberapa hari setelah Nabila dan dua saudara kandung lainnya lahir. Ya, ternyata tak hanya ada Nabila dan Nadya. Mereka ternyata kembar tiga yang lahir di salah satu rumah sakit di Kota Makassar pada 13 Maret 2003 silam.

Permintaan ibu kandung Nabila, kata Johra, membuatnya iba. Ibu kandung meminta kepada suami Johra, Rabaki Daeng Ngerang, 63, agar salah satu anaknya diadopsi. Permintaan itu akhirnya direspons baik oleh Daeng Ngerang yang sudah kenal baik dengan ibu kandungnya itu.

"Tapi mamaknya (ibu kandung Nabila) bilang sama saya kalau jangan bilang-bilang sama siapa pun kalau ini anak angkat. Anggap anak kandung sendiri. Rawat baik-baik," kata Johra menirukan permintaan ibu kandung Nabila.

Sementara dua saudara Nabila lainnya sejak saat itu, kata Johra, tidak lagi dia ketahui berada di mana. Sebab, beberapa hari setelah diadposi secara resmi, ibu kandung Nabila sudah tidak lagi dirawat di rumah sakit.

"Sampai di situ saya sama bapak (suami) tidak tahu lagi di mana mereka. Sampai akhirnya, tidak disangka-sangka Nabila saling baku tahu dengan saudara kembarnya di internet itu," terang Johra.

4. Nabila bahagia mengetahui punya saudara kembar dan tidak ingin dipisahkan dari orang tua angkatnya

Pertemuan Haru Nabila dan Nadya, Saudara Kembar yang Terpisah 16 TahunTwiiter

Perkenalan dengan Nadya, membuat Nabila merasa sangat bahagia dan lega. Namun di sisi lain, Nabila tidak ingin dipisahkan dari ibu dan bapak angkatnya. Mengingat hubungan mereka telah terbangun sejak Nabila baru keluar kandungan.

"Saya sempat tanyakan kalau sudah begini jangan pikir macam-macam nak. Tapi dia (Nabila) bilang kalau dia bahagia karena sudah dibesarkan sampai begini. Terus lagi sampai ketemu sama saudara kembarnya. Dia tidak mau pisah sama kita semua," ujar Johra lagi.

Rencananya, kedua kembaran itu akan dipertemukan dalam sebuah acara di stasiun televisi swasta dalam waktu dekat ini. Johra mengatakan, Nabila sangat berharap melalui publikasi media, satu saudara kembarnya lagi bisa ditemukan. Nabila bahkan meminta bantuan netizen di medsos agar membantu memberikan informasi jika mengetahui tentang saudara kembar yang kini belum diketahui keberadaanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 10 Quotes Inspiratif Tulus yang Ajarkan Kamu Menjadi Manusia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya