Comscore Tracker

5 Film Biografi Terbaik tentang Tokoh Perempuan Indonesia, Inspiratif!

Inspirasi bagi perempuan Indonesia, nih

Sepanjang sejarahnya, Indonesi tidak pernah berhenti melahirkan sosok perempuan yang inspiratif. Kisah mereka pun banyak diangkat ke dalam film.

Film-film tentang biografi perempuan inspiratif ini jelas wajib ditonton oleh generasi muda. Yuk, tonton film-film ini untuk mendapatkan inspirasi!

1. Athirah

https://www.youtube.com/embed/LxSTFElo3iI

Athirah terinspirasi dari kisah ibunda mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Film ini menceritakan tentang kegigihan seorang istri di keluarga Bugis yang suaminya ternyata memiliki perempuan simpanan.

Tangan dingin sang sutradara, Riri Riza, berhasil mengemas Athirah menjadi salah satu drama keluarga terbaik yang hadir di industri perfilman Indonesia. Cut Mini yang memerankan sosok Athirah juga memberikan penampilan terbaiknya.

2. Kartini

https://www.youtube.com/embed/ePQV41Rk9uw

Kartini sudah lama menjadi simbol perjuangan para wanita Indonesia. Di tangan sutradara andal Hanung Bramantyo, para penonton bisa menyaksikan perjuangan Kartini secara lebih dekat.

Dian Sastrowardoyo berkesempatan memerankan Kartini yang berjuang demi kesetaraan wanita pada zaman pendudukan Belanda. Saat itu, perempuan dilarang menuntut pendidikan tinggi meski berasal dari golongan Ningrat.

Baca Juga: Perempuan-perempuan Sumbar yang Tidak Kalah Harum dari Kartini

3. Nyai Ahmad Dahlan

https://www.youtube.com/embed/KTdoR4jzPbY

Satu lagi tokoh pahlawan wanita Indonesia yang sudah dibuatkan filmnya, yaitu Siti Walidah atau lebih dikenal dengan Nyai Ahmad Dahlan. Ia merupakan istri dari pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan.

Tika Bravani mendapat kesempatan emas memerankan sosok inspiratif Nyai Ahmad Dahlan. Sepanjang hidupnya, Nyai Ahmad Dahlan selalu menyumbang pemikiran progresif seperti menolak kawin paksa dan mendorong pendidikan tinggi untuk wanita Indonesia.

4. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

https://www.youtube.com/embed/MHqIvyVt4S0

Merry Riana bisa dibilang sebagai sosok wanita Indonesia yang inspiratif di zaman modern. Lewat film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, penonton bisa melihat bahwa kesuksesan besar tidak didapat secara instan.

Merry sudah harus mengungsi seorang diri ke Singapura karena kondisi Indonesia yang tidak stabil. Merry harus mencari bantuan ke sana kemari karena dana terbatas yang ia miliki, tetapi akhirnya bisa sukses karena kegigihannya tersebut.

5. Susi Susanti: Love All

https://www.youtube.com/embed/XKPD8Obehq4

Susi Susanti sudah lama menyandang status sebagai legenda bulu tangkis Indonesia. Status tersebut ia dapatkan dengan perjuangan yang tidak main-main.

Lewat film Susi Susanti: Love All para penonton diajak menyelami kehidupan Susi Susanti di dalam maupun luar arena. Film ini tidak hanya membahas seputar bulu tangkis, tetapi juga kehidupan Susi sebagai keturunan China saat Indonesia berada dalam periode sulit.

Inspirasi untuk perempuan Indonesia bisa datang dari mana saja, termasuk lewat film-film ini. Sudah menonton semuanya?

Baca Juga: Perempuan-Perempuan di Balik Layar Industri Film Indonesia

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya