Comscore Tracker

Tarif Tol Cipularang Golongan 1 Kena Diskon Mulai Hari Ini

Jasa Marga menunda kenaikan tarif

Bandung, IDN Times - PT Jasa Marga (Persero) menunda penaikan tarif tol Cipularang dan Purbaleunyi yang sempat direncanakan diterapkan pada Sabtu (05/09/2020). Tidak hanya itu, Jasa Marga juga memberikan diskon untuk kendaraan golongan I (pribadi) sehingga tarif tol tidak berubah seperti semula.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan diskon untuk golongan I akan diterapkan pada Minggu (06/09/2020) pukul 00.00 WIB.

Sementara untuk kendaraan golongan II-V, tetap berlaku tarif baru setelah disesuaikan. Jasa Marga menegaskan ada penurunan tarif untuk kendaraan logistik golongan III dan golongan V sebagai salah satu upaya dalam mendukung aksesibiitas logistik nasional.

1. Kenaikan tarif tol direncanakan sejak Juni

Tarif Tol Cipularang Golongan 1 Kena Diskon Mulai Hari Iniinstagram.com/bandunginframe/

Heru mengatakan Jasa Marga telah menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penyesuaian tarif tol tersebut pada bulan Juni dan Juli 2020 lalu.

"Memang baru direncanakan akan diberlakukan di bulan September tahun 2020. Dapat kita lihat, adanya penundaan penyesuaian tarif tol selama kurang lebih tuhjuh bulan" kata Heru, Sabtu (05/09/2020).

2. Kenaikan tarif tol ditunda karena respons masyarakat

Tarif Tol Cipularang Golongan 1 Kena Diskon Mulai Hari IniKepadatan kendaraan menuju Jalan Raya Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/8/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Jasa Marga mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif untuk kendaraan pribadi (Golongan I) karena adanya respons keberatan dari masyarakat. 

“Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal)," jelas Heru. 

Menurutnya, hal ini menandakan pemerintah telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) terhadap ekonomi masyarakat.

3. Ridwan Kamil protes di akun Instagramnya

Tarif Tol Cipularang Golongan 1 Kena Diskon Mulai Hari IniPemaparan Ridwan Kamil Mengenai Keadaan Pandemik COVID-19 di Jawa Barat pada Selasa (11/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat melayangkan protes atas rencana kenaikan tarif Tol Cipularang dan Purbaleunyi. Dia menilai hal itu memberatkan masyarakat pada kondisi pandemik ini. 

"Menaikkan tarif tol di situasi ekonomi sulit saat pandemi ini sangatlah tidak bijak. Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh kebijakan korporasi ini. Karena sub sektor ekonomi turunannya akan ikut naik," tulis @ridwankamil, Sabtu (05/09/2020).

Baca Juga: Ridwan Kamil Kecewa Jasa Marga Naikan Tarif Tol di Tengah Pandemik

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya