TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengerikan! 6 Bayi di RS Al Shifa Gaza Meninggal akibat Listrik Padam

Pemadaman di RS Al Shifa sebabkan 20 orang meninggal

Gedung Al-Jalaa yang menampung kantor media Associated Press (AP) dan Al Jazeera hancur akibat serangan udara Israel di Kota Gaza, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/rwa.)

Jakarta, IDN Times - Pemadaman listrik di Rumah Sakit Al-Shifa, Kota Gaza selama pertempuran antara Israel dan kelompok Hamas Palestina membuat 20 pasien meninggal dunia. Mirisnya, enam di antaranya merupakan bayi yang lahir prematur.

"Enam bayi prematur dan sembilan orang terluka yang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit meninggal dunia hari ini karena pemadaman listrik," kata Direktur RS Al-Shifa Mohamed Abu Slima kepada Anadolu, dilansir dari ANTARA, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Israel Targetkan RS Al Shifa, 37 Bayi Prematur Terancam

1. Israel tolak pengiriman BBM ke RS

Api dan asap membubung selama serangan udara Israel di tengah maraknya kekerasan Israel-Palestina, di Jalur Gaza selatan (11/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS / Ibraheem Abu Mustafa/aww)

Kondisi ini juga terjadi pada Minggu (12/11/2023), Abu Slima mengatakan tujuh pasien dalam perawatan intensif telah kehilangan nyawa mereka di fasilitas medis terbesar di Gaza tersebut.

“Mereka semua meninggal karena Israel menolak untuk mengizinkan pengiriman bahan bakar minyak untuk rumah sakit. Sekarang, masih ada 33 bayi prematur di rumah sakit," ujar Abu Slima.

.

Baca Juga: Presiden Israel Bantah Serang Rumah Sakit al-Shifa di Gaza 

2. Israel lancarkan serangan tanpa henti

ilustrasi jalur gaza (news.un.org)

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada Minggu mengeklaim bahwa pemerintahnya telah menawarkan BBM ke rumah sakit tersebut tetapi pengirimannya dihalangi oleh Hamas.

Israel melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas yang dilakukan pejuang Hamas pada 7 Oktober 2023.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya