TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Riset: Tinggal Dekat Restoran Cepat Saji Sebabkan Obesitas

Lingkungan berpengaruh terhadap perkembangan berat badan seseorang.

Vanessa Serpas via Unsplash

Para peneliti dari University of the West of England (UWE Bristol) baru saja merilis sebuah hasil riset mengejutkan. Dalam riset itu, mereka mencoba mencari hubungan lingkungan tempat tinggal dan perkembangan berat badan anak-anak. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Journal of Public Health tersebut diketahui bahwa anak-anak yang tinggal di dekat restoran cepat saji cenderung mudah mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang jauh.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] "Spesies" Laut Baru Bernama Sampah Plastik

Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 1.500 anak.

Vanessa Serpas via Unsplash

Menurut ketua peneliti, Matthew Pearce, di beberapa negara Barat, obesitas pada anak-anak adalah persoalan serius. Penelitian yang dilakukannya bersama dengan Isabelle Bray dan Michael Horswell tersebut bertujuan untuk mengetahui kaitan antara kenaikan berat badan dan akses terhadap restoran cepat saji. 

Pearce dan timnya mengambil sample sebanyak 1.577 anak-anak berusia empat tahun hingga 11 tahun. Jarak terdekat dari tempat tinggal mereka ke restoran cepat saji adalah satu kilometer. Artinya, semakin dekat, semakin mudah akses mereka terhadap makanan-makanan seperti kentang goreng dan ayam goreng.

Pearce mengklaim penelitiannya adalah yang pertama yang  bisa menunjukkan hubungan antara lingkungan dan kenaikan berat badan.

"Kami tahu dari data nasional bahwa jumlah anak-anak yang diklasifikasikan dalam kategori obesitas berlipat ganda antara tahun pertama dan tahun terakhir mereka di sekolah dasar. Memahami alasan-alasan untuk ini sangat penting untuk melindungi masa depan kesehatan anak-anak," ujarnya.

Baca juga: Penelitian: 76% Air di Jakarta Mengandung Mikroplastik

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya