TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Semakin Bahaya, 9 Juta Orang Tewas karena Polusi

Polusi juga telan biaya triliunan dolar per tahun

ilustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sebuah laporan dari The Lancet menunjukkan betapa bahayanya polusi saat ini. Menurut komisi yang terdiri dari sejumlah peneliti itu, setidaknya ada sembilan juta orang yang tewas karena terdampak polusi. Bahkan, triliunan dolar habis terbuang setiap tahun karena ini.

Baca juga: Kurangi Polusi, Ratusan Pabrik di Tiongkok Ditutup

Polusi diyakini mengancam kelangsungan hidup manusia.

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Setiap tahun, tingkat polusi terus memburuk. The Lancet mengingatkan bahwa saat ini manusia tengah berada dalam krisis yang mengancam kelangsungan hidup mereka. Polusi, kata mereka, tak hanya dalam terdapat di udara, tapi air, tanah dan lingkungan kerja. Polusi juga mampu menyimpan racun yang bertanggungjawab atas beberapa penyakit yang membunuh satu dari enam orang di seluruh dunia.

Kematian terbesar yang disebabkan oleh polusi terjadi di sejumlah negara miskin seperti Chad dan Madagaskar. Namun, India dan Tiongkok juga menjadi dua negara dengan tingkat polusi tertinggi di dunia.

Ini juga tak berarti bahwa negara-negara kaya terbebas dari ancaman. Pasalnya, Amerika Serikat dan Jepang juga tercatat dalam 10 besar negara yang banyak penduduknya tewas karena polusi, seperti polusi udara terkait bahan bakar fosil dan polusi kimia.

Baca juga: Polusi Udara Memburuk, Wanita Ini Tuntut Pemerintah Prancis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya