TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tiongkok Berencana Beri Rating pada 1,4 Miliar Warganya

Katanya untuk menentukan siapa yang bisa dipercaya dan tidak

ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Di negara manapun pasti ada orang baik, jahat, dan mereka yang berada di antaranya. Menurut masyarakat Tiongkok, ini telah menjadi persoalan yang sangat menyusahkan. Fakta ini membuat pemerintah Tiongkok berencana meluncurkan sebuah solusi radikal untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Agar Disiplin, Mahasiswa Tiongkok Wajib Latihan Militer

Mereka ingin menetapkan peringkat kepada warganya.

ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Dikutip dari WIRED, Dewan Negara Tiongkok mempublikasikan sebuah dokumen berjudul "Garis Besar Rencana untuk Konstruksi Sistem Kredit Sosial". Dalam dokumen itu ada sebuah rencana untuk mengevaluasi warganya yang berjumlah sekitar 1,4 miliar jiwa dan memberikan peringkat berdasarkan itu.

Standarnya pun ditetapkan oleh para pejabat. Menurut pemerintah, sistem peringkat itu akan membantu masyarakat dalam mempercayai atau tidak mempercayai seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Otoritas berwenang akan secara terus-menerus memonitor dan mengevaluasi setiap individu, termasuk di mana seseorang berada atau berapa banyak waktu ia habiskan untuk bermain video game.

"Ini akan membentuk sebuah lingkungan di mana menjaga kepercayaan itu sangat membahagiakan. Ini akan menguatkan ketulusan dalam urusan pemerintah, komersial, sosial dan pembangungan kredibilitas yudisial," tulis pemerintah dalam proposal tersebut.

Baca juga: Jadi Bahan Meme, Pemerintah Tiongkok Blokir Winnie The Pooh

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya