TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Trump Dikabarkan Akan Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

Yang punya negara siapa, yang rese siapa...

ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Perez

Washington, IDN Times - Sebuah rumor mengejutkan beredar di Gedung Putih. Kabar burung yang telah menyebar ke media itu menyebutkan bahwa Presiden Amerika Serikat, Donald Trump akan memindahkan kantor kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem. Jika terwujud, keputusan itu adalah bentuk pengakuan resmi Amerika Serikat bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel.

Baca juga: Tampil di NYFW, Wanita Palestina Mengaku Ditipu Desainer Israel

Jared Kushner mengatakan belum ada keputusan resmi yang diambil.

ANTARA FOTO/REUTERS/Toru Hanai

Sebelumnya, ada kabar bahwa Trump akan mengumumkan keputusan tersebut pada Rabu. Namun, menantu Trump yang juga dijadikan salah satu penasihatnya, Jared Kushner, mengatakan bahwa belum ada keputusan resmi yang diambil ayah mertuanya tersebut.

"Dia tengah menimbang sejumlah fakta berbeda, dan ketika ia membuat keputusan, dia akan jadi satu-satunya orang yang memberitahumu, bukan aku," ucap Kushner, seperti dikutip dari Reuters.

Bila keputusan untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel diambil, maka Trump akan menyudahi kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap Israel dan Palestina yang sudah ditetapkan selama beberapa dekade.

Baca juga: Al Aqsa Dipasangi Pendeteksi Metal, Warga Palestina Ngamuk

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya