TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

ASEAN Kecewa Korut Luncurkan Rudal Lagi

Korut adalah anggota ARF

Pertemuan Pleno Menlu ASEAN 2023 di Jakarta. (dok. Kemlu RI)

Jakarta, IDN Times - Sejumlah Menteri Luar Negeri ASEAN menyatakan kekecewaannya terhadap aksi Korea Utara (Korut) yang lagi-lagi meluncurkan rudal balistik, tepat saat pertemuan pekan ini. Tindakan tersebut, menurut mereka, bisa menjadi salah satu aksi provokatif yang mengganggu isu perdamaian dunia.

ASEAN menegaskan kembali komitmennya untuk memajukan perdamaian, keamanan, dan stabilitas di wilayah, serta sudah disetujui Korut, yang merupakan anggota ASEAN Regional Forum (ARF).

"Kami menyatakan keprihatinan mendalam atas peluncuran rudal balistik pada 12 Juli 2023. Kami sangat kecewa dengan tindakan ini, terlebih karena terjadi saat perhelatan pertemuan AMM/PMC," begitu pernyataan dari Menlu ASEAN, Kamis (12/7/2023).

Baca Juga: India Puji Peran Penting ASEAN di Indo Pasifik

1. Mendesak Korut kurangi aksi provokatif

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (dok. DPRK Embassy)

Para Menlu ASEAN juga mendesak Korut agar segera mengurangi tindakan peluncuran rudal untuk mengurangi ketegangan di kawasan.

"Kami menyerukan dialog damai di antara pihak-pihak terkait, menciptakan lingkungan kondusif menuju terwujudnya perdamaian di Semenanjung Korea," lanjut pernyataan tersebut.

2. ASEAN siap memerankan peran untuk perdamaian

Pertemuan Pleno Menlu ASEAN di Jakarta. (Dok. Kemlu RI)

Selain itu, para Menlu juga menyatakan kesiapan ASEAN untuk memainkan peran konstruktif, termasuk melalui pemanfaatan platform seperti ARF.

"Kami juga menekankan kembali pentingnya kepatuhan penuh terhadap seluruh Resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan dan mematuhi hukum internasional," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Baca Juga: Tembak Rudal Lagi, Korut Ancam Ubah Pasifik Jadi Lapangan Tembak Rudal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya