TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Muhyiddin Yasin Dilantik Jadi Perdana Menteri Kedelapan Malaysia

Mahathir menolak hadir pada acara pelantikan Muhyiddin Yasin

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin (Tengah) berdoa bersama para pendukungnya di luar kediamannya, di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (1/3/2020). ANTARA FOTO/Reuters-/Lim Huey Teng/hp.

Kuala Lumpur, IDN Times - Presiden Partai Pribumi Bersatu, Tan Sri Muhyiddin Yasin, mengambil sumpah jabatan sebagai Perdana Menteri Malaysia Kedelapan di Balai Singgahsana Kecil, Istana Negara, pada Minggu (1/3) pukul 10.33 waktu setempat. 

Muhyiddin ditunjuk oleh Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agung, Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah menggantikan Ketua Umum Partai Pribumi Bersatu Mahathir Mohamad yang telah mengundurkan diri sejak Selasa (24/2) lalu.

Baca Juga: Mahathir Mohamad: Saya Merasa Dikhianati oleh PM Muhyiddin Yasin

1. Didampingi istri dan mengenakan pakaian khas Melayu

Pelantikan Tan Sri Muhyiddin Yasin. Foto ANTARA/Ho-Zakaria

Sebagaimana dilansir dari bernama.com, Muhyidin hadir di Istana Negara bersama istrinya, Puan Sri Noorainee Abdul Rahman. Lelaki berusia 72 tahun itu mengenakan pakaian hitam khas Melayu dengan kain emas yang melingkar di pinggangnya.

Setelah diambil sumpahnya, Muhyiddin mengambil surat pengangkatan jabatan disaksikan oleh Hakim Agung, Sri Tengku Maimun Tuan Mat dan Sekretaris Pemerintah, Datuk Seri Mohd Zuki Ali.

Acara tersebut juga dihadiri petinggi The United Malays National Organisation (UMNO) dan Partai Islam se-Malaysia.

2. Mahathir tidak hadir pada acara pelantikan

Perdana Menteri Mahathir Mohamad. ANTARA FOTO/REUTERS/Lai Seng Sin

Reuters mewartakan, Mahathir tidak hadir pada acara tersebut. Dia bersama koalisi Pakatan Harapan berkumpul di kantor Mahathir. Alasan ketidakhadirannya karena mereka merasa dikhianati oleh sekelompok orang yang disebut Mahathir membentuk backdoor government.

Seusai dilantik, Mahathir mengatakan bahwa Muhyiddin bersekongkol dengan Wakil Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Azmin Ali untuk melengserkan dirinya.

Baca Juga: [BREAKING] Mahathir Mohamad Mundur sebagai Perdana Menteri Malaysia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya