TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Katak ini Punya Tubuh Sebening Kaca Hingga Organnya Terlihat

Aneh Tapi Ada, Namanya Hyalinobatrachium yaku

Kompas.com

Katak kaca adalah amfibi famili Centrolenidae dengan anggota lebih dari 150 spesies. Mereka ditemukan di Neotropika dari Meksiko selatan melalui Amerika Tengah sampai ke bagian utara Amerika Selatan dan di sepanjang Hutan Atlantik di tenggara Brasil serta marjin timur laut yang ekstrem di Argentina.

Katak kaca umumnya berukuran kecil dan panjangnya berkisar antara 0,8 sampai 3 inci (2-7,5 cm). Sementara pewarnaan latar belakang umumnya kebanyakan berwarna hijau dengan sperti gelas kaca, kulit perut beberapa spesies bisa tembus cahaya.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan baru-baru ini di jurnal ZooKeys, sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Juan Guayasamin dari Universidad San Francisco de Quito menggambarkan spesies katak kaca baru di sebut sebagai katak kaca mata Yaku (Hyalinobatrachium yaku).

Spesies baru ini adalah katak kaca berukuran kecil dengan panjang 0,8 sampai 0,9 inci (2-2,2 cm).

"Hyalinobatrachium yaku dapat dibedakan dengan bintik hijau gelap yang relatif besar di bagian belakang kepalanya dan merupakan bagian terpenting dari tubuh," kata para periset, seperti dikutip dari sci-news.com.

"Selain itu, spesies baru ini memiliki karakteristik panggilan panjang."

"Perilaku reproduksi juga sangat tidak biasa pada spesies ini, katak laki-laki sering dilaporkan sering bersuara dari bagian bawah dedaunan dan merawat telurnya."

Katak kaca Yaku hanya diketahui dari tiga daerah di dataran rendah Amazon di Ekuador pada ketinggian antara 985-1.180 kaki (300-360 m).

Verified Writer

Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya