TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dilarang Sentuh, 15 Benda Ini Memiliki Kutukan Mematikan

Kutukan kematian mengiringi mereka!

ilustrasi: tengkorak lambang kutukan (pixabay.com/705847)

Benda-benda terkutuk sering kali menjadi topik perbincangan saat mengobrol tentang hal-hal horor dan mistis. Entah apa yang terjadi sebelumnya, tetapi beberapa benda terkenal dapat mendatangkan kutukan dan kesialan bagi mereka yang memilikinya. Sampai-sampai, benda-benda ini harus disimpan agar tidak berbuat jahat!

Beberapa teori mengatakan kalau beberapa benda dikutuk atau dirasuki oleh roh jahat, sehingga bisa melakukan hal-hal jahat di Bumi. Bikin bulu kuduk merinding! Inilah beberapa benda terkutuk yang membawa petaka bagi mereka yang memilikinya.

1. Robert the Doll

Robert the doll (wikimedia.org)

Boneka berpakaian ala pelaut dari Jerman ini dihadiahkan kepada Robert Eugene Otto kecil oleh kakeknya. Konon, boneka ini kemudian diisi kutukan ilmu hitam oleh pelayan keluarga Otto yang merasa tidak dihargai. Kabar burung mengatakan bahwa Robert the Doll bisa berbicara, berganti ekspresi, bahkan bergerak!

Berganti kepemilikan, anak-anak yang bermain dengan Robert the Doll sering terbangun tengah malam dengan keadaan takut. Mereka takut karena Robert the Doll ingin menyakiti mereka! Bahkan, meskipun sudah disimpan di gudang, konon boneka ini bisa tiba-tiba terlihat di tempat lain!

Sekarang, boneka ini disimpan dengan aman dalam sebuah kotak kaca di East Martello Museum, Florida, AS. Tentu saja, kamu boleh berfoto dengan Robert the Doll. Tetapi, minta izin dulu. Kalau kamu "melangkahi" Robert the Doll, siap-siap kena petaka sesudahnya!

2. (+359) 888-888-888

smartphone terkutuk (theghostinmymachine.com)

Nomor telepon bisa mendatangkan petaka? Kalau di Indonesia, nomor terkutuk dikaitkan dengan legenda kota "Mr. Gepeng", maka nomor satu ini identik dengan kematian. Nomor cantik seharusnya bawa keberuntungan, kan? Tetapi, (+359) 888-888-888 keluaran Mobitel (sekarang A1) di Bulgaria sudah makan tiga korban:

  • Vladimir Grashnov (CEO Mobitel): pemakai pertama nomor tersebut wafat pada 2001 karena kanker
  • Konstantin Dimitrov (mafia): pemakai kedua nomor tersebut dibunuh pada 2003
  • Konstantin Dishliev (pebisnis): pemakai ketiga nomor tersebut dibunuh pada 2005

Sebenarnya, kematian dua orang terakhir terkesan mencurigakan. Kecuali CEO Mobitel, latar belakang Dimitrov dan Dishliev yang gelap mudah dikaitkan dengan pembunuhan dan kebetulan sedang memegang nomor tersebut.

Sekarang, nomor (+359) 888-888-888 sudah dinonaktifkan dan tidak bisa dihubungi lagi. Tetapi, kalau nomor tersebut sampai di terasmu...

3. Kursi Busby

Seorang pria berpose dengan kursi Busby di Thirst Museum. (thenorthernecho.co.uk)

Bagaimana sebuah kursi bisa mendatangkan kutukan? Kursi Busby pertama dimiliki oleh Thomas Busby di Inggris. Pada 1702, ia cekcok lalu membunuh ayah mertuanya! Alhasil, ia ditangkap dan dieksekusi mati. Namun, sebelum digantung, Busby mengutuk kursi tersebut!

Konon, beberapa kematian dan kecelakaan menimpa mereka yang duduk di kursi tersebut. Jadi, kursi tersebut didonasikan kepada Thirsk Museum, Inggris. Agar tidak ada yang duduk, kursi tersebut digantung di dinding museum!

4. Annabelle

boneka Annabelle di museum keluarga Warren di Connecticut (usatoday.com)

Tidak lengkap jika membicarakan benda terkutuk tanpa boneka Annabelle. Boneka yang kisahnya diadaptasi menjadi film horor karya James Wan ini konon dirasuki iblis, sehingga pemiliknya sudah pasti mendapat gangguan!

Naik daun saat ditangani Ed dan Lorraine Warren, boneka ini pertama kali terlihat pada 1970 saat dimiliki oleh seorang suster rumah sakit bernama Donna. Namun, boneka ini berulang kali mendatangkan petaka. Saat memanggil orang pintar, diketahui boneka ini dirasuki arwah Annabelle Higgins.

Namun, gangguan semakin intens dan boneka tersebut bahkan mencekik teman Donna! Kasus ini menarik Ed dan Lorraine yang mengangkut boneka ini ke museum mereka di Connecticut. Kotaknya pun dibuat khusus. Kalau tidak, Annabelle bisa berada di depan rumahmu!

5. Safir Ungu Delhi

safir ungu Delhi (diamondbuzz.blog)

Tidak heran kalau kita sering mendengar kisah "batu bertuah" atau batu permata yang dikutuk. Nah, safir ungu dari India ini ternyata juga salah satunya. Dibawa ke Inggris di tengah Pemberontakan India 1857 dari Kuil Dewa Indra di India, Kolonel W. Ferris dan keluarga dengan cepat jatuh miskin!

Pada 1890, Edward Heron-Allen, sahabat penulis Oscar Wilde, memiliki permata itu dan terus ditimpa kesialan yang membuatnya membuang safir tiga kali, dan tiga kali safir itu kembali! Akhirnya, batu safir ungu ini dihibahkan oleh Edward ke National History Museum.

6. Crying Boy

variasi lukisan Crying Boy (exemplore.com)

Bukan pertama kali kita mendengar lukisan terkutuk. Salah satunya adalah lukisan "Bocah yang Menangis" atau Crying Boy karya seniman Italia Bruno Amadio. Lukisan ini diproduksi massal dan populer pada 1950an. Kenapa terkenal? Karena lukisan ini terkenal dikutuk!

Menurut kesaksian pemadam kebakaran di Inggris pada 1985, terjadi kebakaran di tempat lukisan ini dipertunjukkan. Hanya lukisan ini yang satu-satunya selamat. Sebenarnya, setelah diteliti pada 2010, lukisan ini dilapisi dengan bahan anti api. Namun, klaim mengenai kutukan pada lukisan tersebut sudah keburu viral.

Baca Juga: Berjasa Besar, 6 Penemu Benda Sehari-Hari Ini Justru Tak Dikenal

7. Gaun pernikahan Anna Baker

gaun pernikahan Anna Baker (warehouse-13-artifact-database.fandom.com)

Jika kamu berkunjung ke Pennsylvania, AS, cobalah berkunjung ke Baker Mansion, situs bersejarah di Blair County. Dari beberapa benda yang dilestarikan, salah satunya adalah gaun pernikahan Anna Baker.

Alkisah, Anna Baker mencintai seorang pemuda miskin, bawahan ayahnya. Bahkan, mereka sudah siap menikah dan gaun pernikahan sudah jadi! Mengetahui hal tersebut, ayahnya memisahkan kedua sejoli. Kemarahan dan kekecewaan Anna tertuang ke dalam gaun tersebut sampai ia wafat pada 1914 tanpa suami.

Gaun tersebut disimpan di sebuah kotak kaca. Konon, jika pikiranmu sedang kosong, kamu dapat melihat Anna Baker berdiri lengkap dengan gaun tersebut di dalam kotak kaca!

8. Vas Basano

vas Basano (warehouse-13-artifact-database.fandom.com)

Vas Basano adalah vas perak yang berasal dari abad ke-15 yang dihadiahkan kepada seorang pengantin wanita asal Napoli Utara, Italia, di malam pernikahannya. Tetapi, sang pengantin tewas di bunuh di malam saat vas tersebut diberikan! Sejak saat itu, kutukan vas tersebut bermula.

Setiap berpindah tangan di anggota keluarga sang pengantin, vas tersebut terus "membunuh" pemiliknya! Jadi, keluarga tersebut menyembunyikan vas tersebut. Akhirnya, vas ini kembali muncul pada 1988 dengan catatan,

"Waspada, vas ini mendatangkan kematian."

Betul saja, seorang apoteker membeli vas tersebut dengan harga fantastis, hanya untuk meninggal tiga bulan kemudian! Hingga kini, keberadaan vas tersebut antah berantah, dan terakhir kali, yang membelinya pun... meninggal tak lama kemudian!

9. "Little Bastard" Porsche 550 Spyder

James Dean di dalam Porsche 550 Spyder "Little Bastard". (hagerty.co.uk)

Aktor muda terkenal Amerika, James Dean (1931-1955), membeli mobil Porsche 550 Spyder saat shooting untuk film The Rebel Without Cause (1955). Suka dengan mobil tersebut, Dean kemudian mendandani mobil tersebut sedemikian rupa dan menamainya "Little Bastard".

Konon, aktor Inggris Sir Alec Guinness (1914-2000) melihat Dean dan Little Bastard, dan memperingatkannya untuk segera menyingkirkan mobil itu atau ia akan wafat seminggu kemudian. Betul saja, James Dean wafat 30 September 1955, seminggu setelah berkendara dengan Little Bastard!

Namun, kutukan Little Bastard baru bermula. Setelah dijual, bangkai Little Bastard menimpa seorang mekanik dan melumpuhkannya! Bahkan, mereka yang mencoba mencuri bagian Little Bastard malah kena sial! Lalu, di manakah Little Bastard sekarang? Tidak ada yang tahu...

10. Kotak Dybbuk

Zak Bagans dan kotak Dybbuk di belakangnya (reviewjournal.com)

Sekadar penjelasan, Dybbuk (דיבוק‎) adalah roh jahat yang suka merasuki manusia. Siapa kira Dybbuk kali ini merasuki benda? Pada 2003, seorang pria bernama Kevin Mannis asal Oregon menjual sebuah lemari anggur di Ebay.

Sudah beredar di situs FJB sejak 2001, kotak ini diceritakan dimiliki oleh seorang penyintas Holocaust asal Polandia. Kotak ini konon menyimpan roh Dybbuk. Para pemiliknya menceritakan bahwa selain kesialan, mereka juga mengalami mimpi buruk bertemu dengan seorang nenek yang dipercaya jelmaan Dybbuk!

Sekarang kotak Dybbuk disimpan oleh aktor dan "pemburu hantu", Zak Bagans. Kisah mengenai kotak Dybbuk kemudian diadaptasi ke film The Possession (2012) karya Sam Raimi.

11. Woman from Lemba

patung artefak Woman from Lemb (veknow.com)

Sesuai namanya, Women from Lemba adalah patung  yang ditemukan di Lemba, Siprus pada 1878. Patung dikatakan berasal dari 3500 SM. Entah apa pesan yang coba dikatakan oleh patung ini. Namun, patung ini menjanjikan kutukan dan kesialan bagi siapa pun yang berani memilikinya.

Empat keluarga bangsawan pernah memiliki Women from Lemba dan menemui ajalnya segera! Sekarang, patung terkutuk ini berada di Royal Scottish Museum di Edinburgh, Skotlandia. Mengerikannya, kurator museum yang menjaga Women from Lemba meninggal beberapa saat setelah menerima patung ini.

12. Berlian Hope

berlian Hope (goddessofhellfire.com)

Salah satu berlian paling terkenal di dunia, berlian Hope memesona siapa pun yang melihatnya dengan warna birunya yang khas. Berlian ini digali di India dan bahkan terpatri sampai ke mahkota Raja Louis XIV pada 1668 dengan nama Tavernier Blue.

Namun, nasib buruk segera melawat siapa pun yang berinteraksi dengan berlian ini. Mereka entah dibunuh atau bunuh diri! Paling terkenal, korbannya adalah Raja Louis XVI yang dipenggal pada Revolusi Prancis.

Namun, sebagian besar orang mengatakan bahwa kisah kutukan berlian ini hanyalah mitos belaka yang dikarang untuk menaikkan harga berlian. Pada 1839, berlian ini kemudian jatuh ke tangan keluarga bankir Inggris Hope sampai dijual ke AS. Pada 1958, berlian Hope disimpan di National Museum of Natural History hingga saat ini.

13. The Hands Resist Him

lukisan The Hands Resist Him (pensamientocritico.org)

Selain kotak DybbukEbay lagi-lagi tempat menjual benda terkutuk lainnya! Kali ini adalah lukisan bertajuk The Hands Resist Him. Lukisan ini dilukis pada 1972 oleh Bill Stoneham dan menggambarkan seorang bocah laki-laki dan boneka perempuan membelakangi sebuah jendela yang memperlihatkan jejak-jejak tangan.

Saat dilelang di Ebay pada 2000, lukisan ini dikatakan membawa kutukan dan jika dibeli, risiko ditanggung sendiri. Konon, sang bocah laki-laki dapat bergerak dan keluar dari lukisan karena diancam oleh sang boneka yang dipercaya memegang pistol! Bahkan, mereka yang memandang lukisan ini mengaku tidak nyaman dan merasa mual.

Perception Gallery di Michigan memenangkan lelang dengan US$1.025 (hampir Rp15 juta). Dan, saat dihubungi untuk diminta keterangan, Bill amat terkejut dengan cerita mistis tersebut. "Pistol" yang konon dipegang oleh boneka perempuan itu ternyata gambar baterai!

14. Cermin Myrtle

cermin di Perkebunan Myrtle yang mengunci arwah Sara Woodruff dan kedua putrinya (wikimedia.org)

Perkebunan Myrtle adalah situs bersejarah yang terletak di Louisiana, AS, dan salah satu tempat berhantu di dunia! Selain kisah perbudakan, perkebunan tersebut didirikan di atas kuburan kaum Indian. Konon, ada 12 hantu yang tinggal di perkebunan ini. Dijamin, yang menetap di situ tidak akan hidup tenang!

Salah satu benda terkutuk di perkebunan ini adalah sebuah cermin. Konon, setelah Sara Woodruff dan dua putrinya mati keracunan, salah satu cermin di rumahnya tidak ditutup sehingga arwah mereka terjebak. Katanya, jika kamu memandang cermin ini terlalu lama, Sara dan anak-anaknya akan muncul di pantulan cermin!

Baca Juga: Penemuan 5 Benda Populer Ini Ternyata Diciptakan oleh Anak-Anak

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya