TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Petir Bentuknya Tidak Lurus? Ini Penyebabnya

Jawaban ilmiah di balik bentuk petir yang zig-zag

ilustrasi bentuk petir (freepik.com/ninjasion1)

Pernahkah kamu mengamati petir yang menyambar? Bila diperhatikan dengan baik, petir berbentuk seperti cabang batang atau akar pohon. Beberapa orang juga menyebut petir berbentuk zig-zag. 

Bentuk petir inilah yang menimbulkan rasa penasaran. Kenapa petir bentuknya tidak lurus? Kenapa bentuk petir justru zig-zag atau bercabang? Para ahli telah meneliti bentuk petir untuk menemukan jawabannya.

Nah, apa penyebab bentuk petir tidak lurus? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Penyebab petir tidak berbentuk lurus, tapi zig-zag

ilustrasi petir menyambar (freepik.com/wirestock)

Misteri bentuk petir membuat John Lowke, fisikawan di University of South Australia, penasaran. Dari banyaknya buku yang membahas petir, tapi tak ada satu pun tentang bentuk petir yang zig-zag. 

Padahal fenomena petir berbentuk zig-zag sangat menggugah rasa ingin tahu banyak orang. Mereka mulai bertanya, "Kenapa petir bentuknya tidak lurus?"

Bentuk tersebut cukup unik alih-alih bentuk lurus yang memancar seolah cahaya panjang dari awan ke tanah.

Dalam studi di Journal of Physics D: Applied Physics pada Desember 2022, Lowke dan rekannya menemukan karakteristik pola petir zig-zag yang disebabkan oleh oksigen yang terkonduksi tinggi. Lalu, oksigen menumpuk secara tidak teratur.

Lowke mengibaratkan oksigen tersebut seperti baut bergerak menuju tanah, terkadang menempuh jarak yang sangat jauh.

Dilansir CBC Radio, petir berusaha menemukan jalan paling minim hambatan atau resistensi saat menuju tanah. Nah, gerakannya pun tidak pasti lurus karena petir juga dipengaruhi oksigen atau udara. Sementara itu, udara sendiri mengalami fluktuasi suhu, kelembapan, polutan, partikel debu, dan sebagainya.

Alhasil, resistensinya pun bervariasi. Untuk menghindari resistensi tersebut, petir pun membentuk pola acak seperti cabang atau zig-zag agar bisa mencapai tanah. Jadi, itulah alasan kenapa petir bentuknya tidak lurus.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Petir Saat Hujan, Fenomena Alam yang Ditakuti!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya