TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Lemur Ekor Cincin, Si Bintang Film dari Madagaskar

Ini dia sosok Raja Julien dari film Madagascar!

pixabay.com/PublicDomainPictures

Kamu tentunya tidak asing dengan film animasi Madagascar, bukan? Dalam serial animasi tersebut, kita dapat melihat berbagai macam jenis hewan yang berinteraksi satu sama lain.

Nah, salah satu karakter yang menarik adalah Raja Julien. Karakter yang selalu mengaku sebagai raja Madagaskar ini memiliki watak periang dan senang menari dimanapun dan kapanpun.

Dibalik itu semua, apakah kamu sudah tahu jenis hewan apa Raja Julien itu? Ternyata ia adalah jenis lemur ekor cincin yang juga hidup di Madagaskar, lho. Temtu saja antara serial animasi dengan hewan asli memiliki beberapa perbedaan mencolok, salah satunya dari cara hidup dan perilaku.

Kira-kira apa saja perbedaanya, ya? Yuk, langsung simak dalam lima fakta menarik dari lemur ekor cincin berikut ini.

1. Ciri tubuh yang sangat mudah dikenali

pixabay.com/InspiredImages

Lemur ekor cincin termasuk jenis primata dengan ukuran tubuh sekitar 36 hingga 42 sentimeter. Tubuhnya dilapisi oleh bulu tebal dengan warna coklat atau abu-abu. Biasanya, wajah dari lemur ekor cincin dikelilingi bulu berwarna putih dengan sedikit dot hitam di sekitar mata dan hidungnya.

Melansir dari laman Animal Diversity, keunikan dari ciri tubuh lemur ekor cincin sehingga kita dapat dengan mudah mengenalinya terletak pada ekornya. Ekor berbulu tebal yang bisa mencapai panjang sekitar 56 hingga 63 sentimeter ini punya warna belang hitam-putih yang nampak mirip seperti cincin yang tersusun rapih. Dari sinilah penamaan mereka berasal.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik dari Crowned Lemur, Primata Langka Bertubuh Mungil!

2. Meski bisa memanjat pohon, mereka lebih sering dijumpai di tanah untuk mencari makan

Pixabay.com/A_Different_Perspective

Seperti kebanyakan primata, lemur ekor cincin juga bisa memanjat pohon dengan baik. Hanya saja, kelompok lemur ini malah lebih sering kedapatan berjalan di tanah untuk mencari makanan ataupun berkeliling untuk menandai teritorinya. Menurut laman National Geographic, kebiasaan dari lemur ekor cincin yang sering berada di tanah tersebut termasuk tidak wajar bagi keluarga lemur. 

Lemur ekor cincin termasuk hewan omnivora. Mereka akan memakan berbagai macam jenis makanan, mulai dari buah-buahan, bunga, getah pohon, daun, hingga serangga-serangga kecil yang dapat mereka jumpai.

3. Lemur ekor cincin memiliki cara berkomunikasi yang cukup kompleks

pixabay.com/Cifer88

Sama seperti hewan lain, lemur ekor cincin juga memiliki kemampuan komunikasi untuk berkoordinasi dengan kawanannya maupun untuk fungsi lain. Uniknya, cara berkomunikasi dari lemur ekor cincin sangat beragam dan termasuk cukup kompleks, lho.

Dikutip dari Smithsonian National Zoo, beberapa cara lemur ekor cincin berkomunikasi adalah dengan gestur tubuh, mimik wajah, suara vokal, maupun dengan bau khusus dari kelenjar yang ada di tubuhnya.

Setiap cara berkomunikasi ini memiliki fungsinya sendiri. Misalnya, mereka akan menggunakan suara vokal untuk menandakan kalau ada predator di sekitar mereka maupun untuk memanggil satu sama lain jika terpisah.

4. Dalam kelompok lemur, ternyata hierarki betina lebih tinggi ketimbang jantan

pixabay.com/ottielie

Pada serial animasi Madagascar, Raja Julien digambarkan sebagai seorang "raja" diantara para lemur. Akan tetapi, hal tersebut ternyata berbanding terbalik dengan lemur ekor cincin di dunia nyata, lho.

Menurut laman Animal Diversity, bahkan betina dengan hierarki terendah di kelompok masih lebih tinggi ketimbang jantan dengan hierarki tertinggi. Selain itu, biasanya betina akan tetap menetap bersama kelompok dimana ia dilahirkan sepanjang hidupnya, sedangkan jantan akan berpindah-pindah antar kelompok dalam rentang waktu dua hingga lima tahun.

Baca Juga: 9 Spesies Hewan Ini Hanya Dijumpai di Madagaskar, Unik dan Menakjubkan

Verified Writer

Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya