TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hewan yang Paling Malas di Dunia, Jangan Ditiru!

Kebanyakan waktunya digunakan untuk tidur saja

posisi tidur koala yang nampak sangat menggemaskan (pixabay.com/Pixel Anarchy)

Bermalas-malasan bukan hanya ungkapan yang dapat digunakan oleh manusia. Di alam yang luas ini, ada begitu banyak hewan yang memanfaatkan waktunya hanya untuk membuang-buang waktu untuk malas-malasan, seperti tidur, makan, atau sekadar rebahan.

Di antara daftar hewan yang bisa kita juluki sebagai pemalas ini, ada beberapa yang mungkin jawabannya sudah akrab di telinga kita. Makin penasaran, kan? Yuk, simak daftar lengkap dari hewan paling malas di bawah ini!

5. Panda

seekor panda yang sedang tertidur (pixabay.com/Cimberley)

Sudah jadi rahasia umum kalau panda (Ailuropoda melanoleuca) merupakan salah satu hewan paling malas di dunia. Bayangkan saja, sebagian besar waktu yang dipakai oleh jenis beruang paling populer di dunia ini dihabiskan hanya untuk tidur dan makan saja.

Dilansir One Kind Planet, rata-rata waktu tidur dari panda adalah 10 jam per hari. Ketika sedang bangun pun, mereka hanya menghabiskan waktu untuk makan. Lamanya waktu makan panda disebabkan makanan favoritnya, yaitu bambu, hanya memiliki sedikit nutrisi sehingga mereka perlu mengonsumsinya dalam jumlah besar. Diketahui dalam sehari, panda bisa mengonsumsi hingga 20 kg bambu, lho.

Baca Juga: Mengenal Reproduksi Aseksual pada Hewan, Apa Saja Contohnya?

4. Hiu perawat

hiu perawat yang bersantai di antara terumbu karang (commons.wikimedia.org/Ross Garner)

Jika kamu beranggapan kalau semua keluarga hiu adalah predator puncak yang agresif, rasanya kamu perlu melihat hiu perawat (Ginglymostoma cirratum) ini. Mereka merupakan ikan yang sangat malas, sampai-sampai membuat kesan menakutkan dari keluarga hiu luntur seketika setelah melihat kebiasaan mereka.

Dilansir Wildlife Informer, dalam aktivitas sehari-harinya, hiu perawat hanya menempel di dasar laut sembari tidur atau berenang dengan tempo yang sangat lambat. Mereka juga tidak bermigrasi ke tempat lain, sekalipun temperatur di sekitarnya berubah.

Mereka pun tak berburu layaknya jenis hiu lain. Hiu perawat hanya memakan moluska, krustasea, hingga ikan-ikan kecil yang ada di dasar laut dan menyedotnya dengan mulutnya yang unik.

3. Oposum

Induk oposum dan anak-anaknya di atas sebuah pohon yang berada di Texas, Amerika Serikat. (pixabay.com/daynaw3990)

Oposum (Didelphidae) merupakan satu-satunya keluarga marsupial yang terdapat di Amerika Utara. Mamalia kecil ini terkenal karena mampu melahirkan hingga 20 anak dalam satu periode melahirkan dengan masa kehamilan yang sangat singkat. Selain itu, mereka merupakan omnivor yang bahkan kerap mengacak-acak tempat sampah warga.

Nah, untuk urusan kemalasan, oposum tak kalah dengan hewan lain dalam daftar ini. Menurut laman Explore, oposum menghabiskan waktu 18-20 jam sehari untuk tidur. Mereka juga merupakan hewan nokturnal yang sangat oportunis karena bisa memakan apa saja selama mudah untuk diperoleh. Gerakannya juga cenderung lambat, meski secara penampilan mereka tampak seperti hewan yang sangat lincah.

2. Koala

potret koala yang sedang tertidur (pixabay.com/StockSnap)

Koala (Phascolarctos cinereus) merupakan hewan marsupial asal Australia yang menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon. Hewan yang satu ini juga dikenal karena sifat malasnya yang selalu menghabiskan waktu untuk tidur.

Dilansir One Kind Planet, dalam sehari seekor koala biasanya tidur selama 20 jam dan hanya beraktivitas sekitar 2 sampai 6 jam. Alasan utama mengapa koala sangat malas disebabkan oleh daun eukaliptus, yang merupakan makanan favoritnya, mengandung racun dan serat yang sulit dicerna. Oleh sebab itu, koala menghabiskan banyak energi hanya untuk mencerna eukaliptus yang kemudian menyebabkan mereka beristirahat sangat lama.

Baca Juga: 7 Hewan dengan Kulit Paling Tebal di Dunia

Verified Writer

Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya