TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Negara dengan Jumlah Dokter Per Kapita Terbesar di Dunia

Kira-kira, negara mana, ya?

jacobinmag.com

Fasilitas kesehatan merupakan hal yang vital demi menunjang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di suatu negara. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang memadai adalah rasio perbandingan jumlah dokter dan penduduk yang sesuai.

Sayangnya, tak semua negara memiliki jumlah dokter yang sesuai untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warganya. Jumlah dokter selalu dianggap kurang jika tingkat pertumbuhan penduduk masih tinggi.

Namun, masih ada negara yang memiliki jumlah dokter per kapita yang tinggi dan melebihi cukup. Mau tahu apa saja negaranya? Dilansir laman MD Magazine dan World Bank, simak ulasannya berikut ini. 

1. Austria

austrianhealth.com

Austria merupakan salah satu negara maju di Eropa yang letaknya di tengah-tengah antara Jerman, Ceko, Itali, dan Swiss. Sebagai negara maju, tak mengherankan apabila Austria memiliki fasilitas kesehatan yang baik dan memadai beserta pelayanan kesehatan yang juga baik.

Sementara itu, jumlah dokter yang terdapat di negara ini juga sangat banyak, bahkan lebih dari 31 ribu. Sementara, negara ini hanya memiliki penduduk sebesar 8.8 juta jiwa yang menjadikan rasio perbandingan antara dokter per sepuluh ribu penduduk sebesar 51,4. 

Baca Juga: Deretan Negara yang Melakukan Tes COVID-19 Terbanyak di Dunia

4. Swedia

thestar.com

Masih berada di Eropa, tepatnya di Kawasan Skandinavia, terdapat negara Swedia yang juga memiliki perbandingan dokter per 10 ribu penduduk sebesar 54,0. Hal tersebut sejalan dengan banyaknya jumlah dokter di negara ini yang sejumlah lebih dari 32 ribu berbanding dengan jumlah penduduknya sebesar 12 juta jiwa saja. 

Selain itu, negara maju ini juga memiliki berbagai fasilitas dan jaminan kesehatan yang baik untuk warganya. Negara ini pun memiliki anggaran belanja yang besar untuk kesehatan yang disediakan untuk warganya. 

3. San Marino

ilrestodelcarlino.it

Berikutnya, terdapat negara kecil yang terletak di tengah negara Itali, yakni San Marino yang juga termasuk negara dengan jumlah perbandingan dokter per kapita terbanyak. Negara seluas 61,2 km persegi ini memiliki rasio perbandingan dokter per seribu penduduk sebesar 61,5.

Besarnya jumlah tersebut ditengarai kecilnya jumlah penduduk San Marino yang hanya mencapai lebih dari 33 ribu jiwa saja. Sementara, jumlah dokter di negara ini mencapai kurang lebih 160 orang. Namun, fasilitas dan jaminan kesehatan di negara ini juga sangat baik, bahkan jadi salah satu yang terbaik di Eropa. 

4. Monako

monacochannel.mc

Kemudian, masih ada negara kecil di Eropa lainnya, yakni Monako yang memiliki rasio perbandingan jumlah dokter dan penduduk per 10 ribu jiwa sebanyak 65,6. Hal tersebut berarti sebanyak enam dokter dibebankan sebanyak seribu penduduk negara ini.

Di samping itu, negara kecil ini juga hanya memiliki penduduk kecil, yang sebesar 38,695 jiwa saja sehingga beban tenaga dokter di negara ini tidak besar. Selain itu, fasilitas kesehatan juga sudah memadai sehingga negara ini memiliki tingkat kematian rendah dan angka harapan hidup yang lebih tinggi. 

Baca Juga: 6 Negara dengan Penghuni Miliarder Terbanyak di Dunia, Mana Saja?

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya