TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik dari European Badger, Mamalia yang Hidup di Dua Benua

Dapat bereproduksi sepanjang tahun!

thoughtco.com

European badger termasuk ke dalam kelompok hewan mustelidae yang memiliki ciri khas penampilan yang sangat menarik. Hewan yang dikenal dengan nama ilmiah meles meles ini, dapat ditemukan di berbagai macam daerah yang tersebar di dua benua.

European badger mempunyai bentuk tubuh yang unik, terutama pada corak warna bulu yang terdapat pada bagian kepala mereka. Mereka juga memiliki sistem reproduksi yang cepat saat berkembang biak.

Inilah lima fakta menarik dari european badger yang harus kamu ketahui, dilansir Animalia.bio dan Thoughtco, sebagai berikut:

1. Habitat asli dari european badger

commons.wikimedia.org

Sebagian besar populasi european badger tersebar luas di wilayah benua Eropa tepatnya di negara Austria, Belgia, Italia, Prancis, Finlandia dan masih banyak lagi. Dilansir Animalia.bio, sebagian kecil populasi mereka juga terdapat di kawasan Asia Barat khususnya di negara Irak, Iran hingga Uzbekistan.

European badger mendiami berbagai jenis wilayah mulai dari semak belukar, daerah sungai, lahan pertanian, semi-gurun, dan lain-lain. Namun, hewan ini lebih suka berhabitat di hutan gugur serta hutan campuran, atau lebih dikenal dengan sebutan hutan heterogen di mana hutan tersebut ditumbuhi berbagai jenis pohon-pohon yang lebat.

Baca Juga: 5 Fakta Giant Anteater, Mamalia Raksasa Pemakan Hewan Kecil

2. Kebiasaan hidup di alam liar

ptes.org

European badger termasuk hewan nokturnal yang aktif beraktivitas di malam hari. Mereka memiliki sifat sosial yang sangat tinggi, di mana hewan ini hidup secara berkelompok yang diisi oleh keturunan atau anggota keluarga mereka.

Dalam satu kelompok, biasanya terdiri dari 12 individu dan didominasi oleh satu pasangan dewasa. Akan tetapi, di saat european badger mulai kekurangan makanan mereka akan berpisah untuk menjalani hidup sendiri.

Mereka merupakan hewan omnivora yang memakan berbagai jenis buah-buahan dan hewan seperti serangga, cacing tanah, katak, kadal, dan mamalia kecil lainnya.

3. Ciri khas fisik european badger

animalspot.net

Dari segi penampilan, european badger mempunyai bentuk tubuh gemuk dan pendek namun dikenal dengan kekuatan kakinya yang kuat yang sering digunakan untuk menggali lubang. Dilansir Thoughtco, mereka juga memiliki ukuran mata kecil, telinga kecil serta kepala panjang berbentuk oval.

Sedangkan panjang tubuh dari european badger berkisar antara 56 hingga 80 sentimeter dan bobot tubuh seberat 9 - 15 kilogram. Hewan ini ditutupi bulu berwarna abu-abu dengan garis putih di samping wajah hingga leher.

4. Sistem reproduksi

ukwildlifecameras.co.uk

European badger termasuk ke dalam hewan poligini dimana sang jantan berkembang biak dengan banyak betina. Akan tetapi, european badger betina hanya kawin dengan satu pejantan saja. Musim kawin mereka berlangsung sepanjang tahun, namun paling sering di akhir musim dingin hingga awal musim semi.

Dalam satu kali persalinan, european badger mampu melahirkan antara 1 hingga 6 ekor bayi dengan masa kehamilan selama 9 bulan. Bayi yang baru lahir akan terus berada di dalam sarang hingga berusia 10 minggu. Mereka akan mencapai tingkat kematangan seksual saat berusia satu tahun.

Baca Juga: 6 Fakta Woylie, Hewan Mungil dari Australia yang Bertubuh Lincah

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya