TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Kola Superdeep Borehole, Lubang Terdalam di Dunia

Berapa kedalamannya?

Kola Superdeep Borehole yang berada di Distrik Pechengsky (commons.wikimedia.org/Alexander Novikov)

Kita tahu bahwa Palung Mariana adalah lubang atau palung terdalam dunia yang terbentuk secara alami sejak zaman purba. Ya, berdasarkan laporan dalam laman National Geographic, Palung Mariana memiliki kedalaman sekitar 11 kilometer di bawah permukaan laut.

Namun, kali ini kita tidak akan membahas Palung Mariana karena lubang terdalam di Bumi tersebut terbentuk secara alami. Tahukah kamu bahwa di dunia ini juga ada lubang terdalam yang dibuat oleh manusia? Bahkan, lubang ini dibuat sebagai salah satu proyek ambisius Rusia (saat itu Uni Soviet) di tengah persaingannya dengan Amerika Serikat.

Yuk, kenalan lebih dekat dengan lubang terdalam di Bumi yang dibuat oleh manusia. Disimak artikelnya, ya!

Baca Juga: Misteri Suara di Gunung Everest, Ini Jawaban dari Sains

Lubang terdalam di dunia bernama Kola Superdeep Borehole

kawasan Kola Superdeep Borehole yang terbengkalai (commons.wikimedia.org/Шелковников Евгений Анатольевич)

Lubang buatan manusia terdalam di Bumi dinamakan Kola Superdeep Borehole. Dilansir ZME Science, lubang ini dibuat oleh Uni Soviet pada 1970 dan dilanjutkan Rusia pada 1992—1994. Hal ini dilakukan oleh pihak Uni Soviet sebagai tanggapan atas persaingan mereka dengan Amerika Serikat pada masa Perang Dingin.

Pengeboran lubang Kola Superdeep Borehole juga mengindikasikan bahwa pemberitaan global saat itu tidak hanya diramaikan dengan kisah-kisah astronaut dan kosmonaut yang saling berlomba ke luar angkasa. Di sisi lain, ada kisah politik, militer, sains, dan kabar lainnya yang sangat menarik untuk diberitakan, termasuk kisah pengeboran terdalam yang dibuat oleh manusia.

Baca Juga: Sains di Balik Ledakan Bom Atom Oppenheimer, Begini Kisahnya

Verified Writer

Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya