TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hewan Menggemaskan yang Memiliki Efek Terapi, Mau Pelihara?

Semuanya jinak dan menggemaskan

unsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Mulai dari meditasi, melakukan hobi, istirahat, hingga melakukan terapi secara rutin. Tapi, salah satu cara yang cukup unik dan mengasyikkan dalam menjaga kesehatan mental adalah dengan memelihara hewan.

Memelihara hewan memang dikaitkan dengan sejumlah manfaat, termasuk bagi kesehatan mental. Bahkan, saat ini emotional support animal (ESA) menjadi semakin populer, yang biasanya dilakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan mental seseorang dengan bantuan hewan yang terlatih.

Ini dia binatang yang bisa kamu pelihara di rumah dan memiliki efek terapi.

1. Kuda

unsplash.com/Sarah Olive

Kuda yang terlatih dengan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan yang luar biasa. Kuda bermanfaat bagi anak-anak dan remaja yang memiliki disabilitas fisik maupun kognitif. Kuda-kuda dipilih karena perilakunya dan dilatih untuk merespons dengan tepat kepada anak-anak yang mungkin berperilaku buruk. Terapis juga dilatih khusus untuk berkolaborasi dengan kuda sebagai satu tim.

Kuda memiliki ketenangan yang besar, juga cerdas dan interaktif seperti anjing. Kuda memberikan kulit yang lembut dan hangat untuk bersandar, juga dapat memberdayakan pengendara mereka. Anak yang duduk di atas kuda akan terhubung dengan gerakan tubuh kuda yang berirama, yang merangsang indra fisik dan menjaga keseimbangan fisik dan mental anak tersebut. Bahkan, keefektifan terapi kuda ini telah dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Health Psychology.

Baca Juga: Ini 8 Pelajaran Hidup yang Bisa Dicontoh dari Hewan Peliharaan

2. Kura-kura

unsplash.com/Luca Ambrosi

Memelihara kura-kura dapat menjadi terapi emosional untuk beberapa orang karena hewan ini bisa bersosialisasi dan baik dengan orang-orang. Menurut laman Washington Post, terapi kira-kura membantu anak-anak mengatasi perasaan mereka.

Beberapa anak yang sangat pemalu menjadi bersemangat ketika mereka menggendongnya. Terlebih, kura-kura adalah pilihan yang baik untuk anak-anak yang mungkin takut pada hewan yang berukuran lebih besar.

3. Landak

unsplash.com/Liudmyla Denysiuk

Hewan yang tubuhnya tertutup duri kecil ini dapat memicu kegembiraan dan membantu orang yang mengalami kecemasan, sama seperti hewan kecil lainnya. Landak sering meringkuk ke pengasuhnya dan memberikan rasa kenyamanan dan bahkan kadang-kadang menanggapi panggilan suara.

Beberapa orang yang menyelamatkan landak melalui organisasi seperti National Exotic Hedgehog Rescue, mengaku mulai memiliki hubungan simbiosis dengan landak mereka. Salah satunya dialami oleh seorang perempuan muda yang merasa masalah kecemasannya menjadi lebih terkendali dan kepercayaan dirinya meningkat setelah dirinya menyelamatkan dan merawat landak.

4. Itik

unsplash.com/Mathew Schwartz

Itik terlatih dapat bersikap ramah dan interaktif terhadap manusia. Menurut laporan dari laman People, itik pernah membantu manusia mengurangi post-traumatic stress disorder (PTSD) dan menenangkan pemiliknya saat sedang bepergian.

Sama seperti hewan lain, itik yang terlatih juga bisa berperilaku sangat baik, menggemaskan, lucu, dan manis. Hal ini tentunya akan membuat sang pemilik dan orang lain jatuh cinta pada itik.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Bulu Kucing Peliharaan biar Gak Rontok, Sudah Tahu? 

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya