TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sebenarnya, Unik! 7 Ikan Ini Malah Dinobatkan sebagai Ikan Terjelek 

Ikan-ikan ini dianggap aneh dan tidak lazim...

thetravel.com

Ikan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena memiliki warna yang cantik dan bentuk tubuh yang unik. Namun, hal ini tidak berlaku bagi ikan-ikan berikut ini. Alih-alih terlihat menarik, ikan-ikan ini malah dianggap ikan paling jelek. Apa saja sih ikan yang dinobatkan sebagai ikan terjelek? Berikut daftarnya.

1. Faceless fish

insider.com

Ikan yang satu ini memang terlihat sangat aneh. Bentuk tubuhnya hampir tidak memiliki wajah dan kepala langsung menyatu dengan bagian tubuhnya.

Meskipun dinobatkan ikan terjelek, faceless fish merupakan ikan yang sangat langka dan hanya pernah sekali direkam pada 1873. Ia kembali ditemukan beberapa tahun terakhir di perairan Australia seperti dilansir laman CSIRO Marine National Facility and National Environmental Science Program

2. Angler fish

earth.com

Ikan ini biasanya hidup di dasar lautan. Memiliki bentuk tubuh yang aneh dan gigi yang runcing, tampang ikan ini memang terlihat sangat seram.

Dilansir laman National Geographic, ikan ini dinobatkan menjadi ikan terjelek karena tampangnya yang sangat seram dan dilengkapi dengan gigi-gigi yang tajam. Meskipun dikenal dengan ikan yang menyeramkan, ternyata ikan ini tergolong ikan yang terancam kepunahannya. 

Baca Juga: 5 Hewan Amfibi Terbesar di Dunia yang Bikin Ngeri

3. Ghost fish

insider.com

Dari namanya saja, pasti sudah terbayang seperti apa penampakan ikan yang satu ini. Science Alert memasukkan ikan ke dalam daftar ikan yang menyeramkan.

Bagaimana tidak, warna tubuhnya yang hampir tembus pandang, tekstur kulit mirip seperti jeli, dan mata yang tidak berwarna, membuat ikan ini terlihat semakin menakutkan. Pantas saja ikan ini dijuluki ikan hantu.

4. Toadfish

britannica.com

Ikan toadfish memang terlihat sangat jelek dan mengerikan. Memiliki mulut yang sangat lebar dan mata yang sangat tajam, tidak heran jika ikan ini masuk ke dalam daftar ikan terjelek.

Dilansir National Geographic, ikan ini ternyata senang bernyanyi untuk menarik perhatian pasangannya. Pejantan toadfish sering bernyanyi untuk mendapatkan pasangan. Unik juga, ya!

5. Lizardfish

insider.com

Kalau ikan yang satu ini selain terlihat jelek, juga sangat menakutkan. Mulut ikan ini dipenuhi oleh gigi yang sangat banyak. Seperti yang dilansir laman Phys, ikan ini termasuk ke dalam ikan terjelek yang hidup perairan Australia. Lizardfish tinggal di laut dalam yang sangat gelap, suhu yang sangat dingin, dan sedikit makanan.

6. Hairy frogfish

spotmydive.com

Jika tubuh ikan biasanya dipenuhi dengan sisik, ikan ini malah dipenuhi dengan tanduk-tanduk kecil yang membuatnya terlihat jelek. Dilansir laman Spot My Dive, ikan ini masuk ke dalam daftar sepuluh ikan terjelek. Uniknya, ikan ini ternyata dapat berubah warna dalam beberapa minggu.

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

Writer

Gusti Gultom

Muda perbanyak ilmu, tua hidup bijaksana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya