TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Famili Laniidae, Gemar Menusuk Mangsa di Duri Pepohonan

Famili ini terdiri dari berbagai jenis shrike

ilustrasi great grey shrike (Lanius excubitor) (commons.wikimedia.org/Marek Szczepanek)

Apakah kamu pernah mendengar tentang famili Laniidae? Famili Laniidae yang dikenal juga dengan sebutan keluarga shrike merupakan kelompok burung predator yang menarik dan memiliki karakteristik.

Dalam artikel ini, akan dibahas lima fakta menarik tentang famili Laniidae. Supaya pengetahuanmu semakin bertambah, yuk, gulir layar untuk mulai mencari tahu.

1. Terdiri dari 30 spesies shrike

ilustrasi great grey shrike (Lanius excubitor) (commons.wikimedia.org/Wouter van der Ham)

Menurut Wildlife Journal Junior, famili Laniidae terdiri dari sekitar 30 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu spesies yang terkenal yaitu Lanius excubitor (great grey shrike).

Spesies tersebut ditemukan di sebagian besar Eropa, Asia Utara, dan Amerika Utara. Di mana mereka memiliki bulu berwarna abu-abu dengan sayap hitam dan bercak putih di sayapnya. 

Baca Juga: 10 Fakta Unik Famili Canidae, Ras Binatang yang Banyak Diminati

2. Hidup di berbagai habitat terbuka

ilustrasi longerhead shrike (commons.wikimedia.org/Andy Reago)

Melansir Fat Birder, mereka mendiami habitat terbuka, terutama stepa dan sabana. Beberapa spesies, seperti great grey shrike sering ditemukan di daerah dengan iklim yang lebih dingin, seperti di daerah subarktik.

Spesies lainnya, seperti loggerhead shrike, lebih cenderung berada di habitat yang lebih hangat, seperti padang rumput dan semak belukar di Amerika Utara.

3. Memiliki perilaku berburu yang unik

ilustrasi great grey shrike (Lanius excubitor) (commons.wikimedia.org/Marek Szczepanek)

Salah satu perilaku yang menarik dari famili Laniidae adalah metode mereka dalam memburu mangsa. Mereka terkenal karena kemampuan mereka dalam menangkap dan mematikan mangsa mereka, yang sering kali berupa serangga, burung kecil, dan mamalia kecil.

Namun yang unik adalah bahwa famili Laniidae menggunakan duri atau dahan tajam sebagai "lemari makanan" untuk menyimpan mangsa mereka, seperti yang dipaparkan dalam laman Encyclopedia. Mereka akan menempelkan mangsa yang sudah ditangkap pada duri atau dahan tersebut.

4. Termasuk burung pengicau

ilustrasi loggerhead shrike (commons.wikimedia.org/DickDaniels)

Kelompok burung ini juga terkenal sebagai salah satu spesies burung pengicau. Mereka memiliki repertoar suara yang beragam, termasuk serangkaian suara pemanggilan dan lagu-lagu yang kompleks.

Beberapa spesies memiliki kicauan yang keras dan nyaring, sementara yang lain memiliki serangkaian nada yang lebih melodis. Suara kicauan ini digunakan sebagai alat komunikasi antara anggota kelompok, serta untuk menarik pasangan saat musim kawin.

Baca Juga: 5 Fakta Famili Pempheridae, Sudah Tahu? 

Verified Writer

Kazu Zuha

Hanya seorang anak SMK yang menyukai pelajaran SMA. Cenderung seperti bunglon, bisa menjadi Kpopers, Wibu, Agamis, Anak Sosiologi, Anak Politik, dan lain lain sesuai situasi dan kondisi hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya