TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Famili Carposinidae, Bersarang di dalam Buah

Sering melihatnya?

ilustrasi Carposina taractis (commons.wikimedia.org/Donald Hobern)

Hai, teman-teman! Apakah kalian pernah mendengar tentang famili Carposinidae? Famili Carposinidae adalah salah satu anggota dari ordo Lepidoptera, yang terdiri dari kupu-kupu dan ngengat. Melansir Mindat, famili ini sering disebut sebagai "fruitworm moth".

Meskipun mungkin tidak terlalu populer, famili Carposinidae memiliki fakta-fakta menarik yang layak untuk dijelajahi. Jadi, yuk disimak!

1. Terdiri dari 230 spesies

ilustrasi Carposina sasakii (commons.wikimedia.org/Andy Reago)

Famili Carposinidae ternyata memiliki keanekaragaman spesies yang cukup banyak. Terdapat sekitar 230 spesies yang termasuk ke dalam famili ini, dan sebagian besar dari mereka merupakan spesies ngengat malam. Salah satu contoh spesies yang menarik adalah Carposina sasakii, yang merupakan ngengat kecil yang ditemukan di Jepang. Ngengat ini memiliki kebiasaan menggerek daun-daun tanaman sebagai tempat berkembang biaknya. 

Baca Juga: Apa Itu Kamitetep? Serangga yang Sering Ada di Dinding Rumah

2. Memiliki habitat yang luas

ilustrasi Carposina sp. (commons.wikimedia.org/Donald Hobern)

Famili Carposinidae tersebar di berbagai belahan dunia. Mereka ditemukan di berbagai daerah seperti Eropa, Asia, Afrika, Amerika Utara, dan Australia. Distribusi geografis yang luas ini menunjukkan adaptabilitas famili Carposinidae terhadap berbagai kondisi lingkungan.

3. Membuat sarang di dalam buah-buahan

ilustrasi Heterocrossa exochana (commons.wikimedia.org/William Brockelsby)

Perilaku spesies Carposinidae juga menarik untuk diamati, lho. Misalnya saja, keunikan yang ada pada Heterocrossa exochana. Ngengat ini memiliki kebiasaan unik yaitu membangun sarang di dalam buah-buahan seperti apel, pir, dan plum. Melansir Butterflies and Moths, mereka membuat lubang kecil pada buah dan menggunakan serat-serat dari buah itu sendiri untuk membuat sarangnya. 

4. Berperan dalam proses penyerbukan

ilustrasi Bondia crescentella (commons.wikimedia.org/Fyn Kynd)

Beberapa spesies Carposinidae juga memiliki peran penting dalam penyerbukan. Misalnya, spesies Carposina autologa yang ditemukan di Amerika Utara sering kali menjadi pengunjung penting bagi bunga-bunga dari genus Prunus, termasuk buah-buahan seperti plum, ceri, dan persik. Ngengat betina dari spesies ini mengumpulkan serbuk sari saat mengunjungi bunga dan kemudian mentransfernya ke bunga lain, sehingga memfasilitasi proses penyerbukan dan reproduksi tanaman.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Jangkrik, Serangga yang Mudah Ditemukan!

Verified Writer

Kazu Zuha

Hanya seorang anak SMK yang menyukai pelajaran SMA. Cenderung seperti bunglon, bisa menjadi Kpopers, Wibu, Agamis, Anak Sosiologi, Anak Politik, dan lain lain sesuai situasi dan kondisi hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya