TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Ras Kucing Cantik Ini Tahan Cuaca Dingin Ekstrem, Mana Favoritmu? 

Ada yang berbulu pendek juga, lho!

unsplash.com/madaratravels

Kucing merupakan salah satu hewan paling tangguh di dunia, baik yang berukuran besar dan liar hingga yang berukuran kecil manis, seperti yang kamu miliki di rumah. Mereka mahir beradaptasi, cerdas, cekatan, dan termasuk predator yang paling sukses.

Gak hanya kucing liar saja yang memiliki kemampuan adaptasi tinggi, lho. Beberapa ras kucing berikut bahkan bisa bertahan hidup di cuaca dingin ekstrem sesuai dengan daerah asal mereka. Ras apa saja mereka? Simak deh, ini tujuh ras kucing cantik yang mampu bertahan di cuaca dingin ekstrem berikut ini!

1. Kucing Maine Coon

pixabay.com/kirgiz03-6995361

Maine Coon merupakan ras kucing terbesar dan bisa dibilang termasuk salah satu yang paling populer di kalangan para pencinta kucing. Kucing asal Maine, Amerika Serikat ini punya bulu super lebat nan panjang yang menawarkan perlindungan dari cuaca dingin.

Menurut Cat Time, telapak kaki mereka besar dan berbulu yang memudahkan untuk berjalan di atas lapisan salju. Tentu saja, mereka butuh perawatan ekstra supaya bulunya tetap sehat dan tampil anggun. Namun, para pencinta kucing rela melakukan apa pun demi ras kucing dengan kepribadian yang ramah dan ahli mengusir tikus dari rumah ini!

2. Kucing Siberia

commons.wikimedia.org/Puedes

Dari namanya saja sudah menunjukkan kalau ras kucing satu ini berasal dari salah satu tempat terdingin di dunia. Yap, ini kucing Siberia. Sama seperti Maine Coon, ras kucing satu ini bertubuh besar dan berbulu lebat yang sesuai dengan daerah asli mereka. Siberia terkenal memiliki iklim dengan perubahan dramatis, yakni musim panas yang pendek, tapi musim dingin yang panjang dan gak kenal ampun.

Menurut Cat Fanciers’ Association, mereka punya tiga lapisan bulu yang menjaga mereka tetap hangat. Ras kucing ini sudah terdokumentasi di Rusia sejak ratusan tahun lalu.

Baca Juga: Kucing 101: Bisakah Kucing Melihat Hantu? Kenali Tandanya di Sini!

3. Kucing Norwegian Forest

pixabay.com/chasingtailsnz-5446088

Kucing Norwegian Forest merupakan ras kucing asal Norwegia yang juga disebut skogkatt di negara asalnya. Mereka diduga sudah ada sejak waktu lama karena deskripsi mereka kerap muncul di dalam mitologi orang Norwegia.

Menurut Pet Finder, ras kucing ini punya dua lapisan bulu tebal yang melindungi mereka dari air dan hawa dingin. Saat musim dingin, lapisan bulu terbawah akan tumbuh sempurna sehingga membuat kucing ini kelihatan lebih besar dari ukuran aslinya. Oleh karena itu, mereka mampu bertahan hidup di iklim ekstrem Norwegia di mana malam musim dingin berlangsung lebih lama dan gelap.

4. Kucing Himalaya

pixabay.com/no-longer-here-19203

Berbeda dengan tiga ras kucing sebelumnya, kucing Himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing Persia dengan kucing Siam (Siamese). Persilangan ini menghasilkan kucing berbulu panjang dengan warna unik layaknya kucing Siam dan wajah imut khas kucing Persia.

Menurut Pawversity, nama Himalaya itu sendiri datang dari kemungkinan ras kucing ini untuk bertahan hidup di tempat ketinggian dan berhawa dingin, seperti pegunungan Himalaya. Bulu mereka juga begitu panjang dan tebal sehingga tampak fluffy

5. Kucing Persia

pixabay.com/krzysztofniewolny-4120434

Siapa sih yang gak kenal ras kucing satu ini? Sebagai salah satu ras kucing paling populer di dunia, hampir semua orang mengenal kucing Persia. Ras kucing ini memiliki bulu panjang yang cantik dan wajah yang imut.

Menurut Cat Time, ras kucing ini ternyata tergolong tua. Mereka sudah ada sejak zaman peradaban Mesopotamia, yang kemudian dikenal sebagai Persia (kini Negara Iran). Bulu panjang mereka diduga merupakan hasil dari mutasi alami. Karena bulu panjang yang menyelimuti hampir tiap permukaan tubuhnya, kucing Persia diyakini mampu bertahan hidup di cuaca dingin. 

6. Kucing Scottish Fold

pixabay.com/notoneko-3002110

Ras kucing satu ini punya ciri khas telinga yang seperti terlipat. Itu menjadi inspirasi penamaannya, yakni fold yang berarti ‘lipat’ atau ‘lipatan’. Karena keunikannya ini, Scottish Fold jadi incaran banyak pencinta kucing.

Nama Scottish itu sendiri datang dari daerah asal mereka yakni Skotlandia yang terkenal dingin, sering berawan, dan lembap. Menurut Pet Finder, nenek moyang Scottish Fold yang ada saat ini merupakan seekor kucing gudang bernama Susie yang bekerja sebagai pengusir tikus. Ras kucing ini punya dua variasi, yakni bulu panjang dan bulu pendek. Keduanya menawarkan perlindungan dari hawa dingin, bahkan yang bulu pendek sekalipun karena cenderung tumbuh padat dan lebat. Telinga lipatnya pun diduga untuk menjaga kehangatan tubuh. 

Baca Juga: 6 Spesies Kucing Liar yang Berkerabat Dekat dengan Kucing Domestik  

Verified Writer

Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya