TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Kecoak Sering Terbang ke Arah Manusia? Ini Alasannya

Tiba-tiba suka bikin kelimpungan

ilustrasi kecoak yang berada di pundak seseorang ketika di dalam rumah (pexels/MART PRODUCTION)

Ketemu kecoak lagi diam di pojok saja sudah bikin panas dingin, apalagi kalau lihat mereka terbang. Run, run! Jika diperhatikan, ketika terbang kecoak kerap bergerak ke arah lawannya alias ke kita manusia.

Kenapa kecoak sering terbang ke arah manusia, ya? Apakah karena kecoak tahu bahwa manusia sering kali geli menghadapinya?

Baca Juga: 7 Fakta Ilmiah Ngeri Kecoak, Seberapa Berbahaya Mereka? 

Kenapa kecoak sering terbang ke arah manusia?

ilustrasi kecoak (pexels.com/Picas Joe)

Kenapa kecoak menyerang kita? Jangan berburuk sangka dulu, lho. Bisa jadi hewan satu ini gak berniat menakut-nakutimu. Ada sejumlah pendapat yang menjelaskan alasan kenapa kecoak sering terbang ke arah manusia atau berjalan ke arah kita.

Pertama, karena reflek bergerak dan ketakutan. Navigasi utama kecoak mengandalkan pendeteksian arus dan udara dibanding cahaya atau bayangan. Kehadiran manusia dapat memicu gangguan di udara yang ditangkap kecoak sebagai indikasi bahaya.

Kedua, karena daya tarik panas dan cahaya. Serangga nokturnal ini secara alami tertarik pada panas yang dihasilkan cahaya, melansir Pest Controls Leuth. Hal tersebut membuat kecoak secara otomatis terbang ke arahmu yang mungkin sedang membawa senter atau berada di bawah lampu.

Kedua alasan tersebut didukung dengan kemampuan penglihatannya yang kacau. Kondisi tersebut membuat kecoak kerap bergerak ke arah yang mereka hindari. Belum lagi arah terbangnya yang tampak gak menentu seolah menciptakan ilusi bahwa kecoak sedang menyerangmu.

Baca Juga: Kenapa Lalat Sulit Ditangkap? Ini Alasannya Menurut Sains

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya