TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inovasi Pankreas Buatan Pertama, Bantu Obati Diabetes

Terobosan baru di dunia medis

Ilustrasi pankreas (WebMD.com)

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menghantui banyak orang. Penyakit ini bisa bertahan hingga seumur hidup penderitanya. Selain itu, gejala-gejala yang ada juga cukup menghambat seseorang dalam beraktivitas.

Diabetes merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gagal ginjal. Kerusakan organ tubuh membuat banyaknya penyakit-penyakit lain yang muncul dan menyerang. Gejala diabetes yang lain juga dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang parah.

Namun, terdapat penemuan sebuah pankreas buatan yang mampu membantu untuk mengatasi penyakit diabetes ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Apa itu diabetes tipe 2?

Ilustrasi pemeriksaan kadar gula darah (unsplash.com/Mykenzie Johnson)

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak mampu untuk memanfaatkan hormon insulin secara normal. Diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Jika tidak ditangani, diabetes akan menyebabkan komplikasi penyakit, seperti penyakit jantung, kelainan kulit, penyakit Alzheimer, dan gangguan pendengaran.

2. Pankreas buatan pertama yang diuji cobakan kepada pasien

Ilustrasi dokter dan pasien rumah sakit (unsplash.com/National Cancer Institute)

Uji coba pankreas buatan ini dilakukan oleh Universitas Cambridge dan Inselspital, Rumah Sakit Universitas Bern, Switzerland. Hasil uji coba kepada pasien menunjukkan bahwa pankreas buatan ini dapat membantu pasien untuk mengontrol kadar gula darah dan menurunkan risiko kurang gula darah.

Baca Juga: 7 Organ yang Terdampak Buruk jika Kebanyakan Makan Garam

3. Awalnya dibuat untuk tujuan yang berbeda

Ilustrasi pemeriksaan kadar gula darah secara mandiri (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Awalnya, pankreas buatan ini dikembangkan oleh tim Universitas Cambridge dan Perwakilan NHS Rumah Sakit Universitas Cambridge. Tim pengembangan ini memiliki tujuan untuk menggantikan suntikan insulin untuk pasien penderita diabetes tipe 1. Namun, dalam penelitiannya bersama dengan Universitas Bern, mereka menemukan bahwa alat buatan ini juga dapat digunakan untuk membantu pasien yang menderita diabetes tipe 2 dan gagal ginjal.

4. Cara kerja pankreas buatan

Ilustrasi membaca pesan singkat. (unsplash.com/Jonas Leupe)

Cara alat bantu ini bekerja dalam membantu pasien diabetes adalah mengontrol kadar gula darah. Pasien dapat mengontrol alat ini lewat smartphone yang mengirimkan sinyal untuk meningkatkan produksi insulin untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh. Kemudian, aplikasi ini akan memonitor kandungan gula darah pasien dan menampilkan hasilnya kembali ke smartphone agar dapat diatur secara lebih lanjut.

Yang membedakan pankreas untuk pasien diabetes tipe 2 adalah pasien tidak perlu untuk memasukkan data apa saja yang akan dimakan agar kadar insulin dapat diatur. Pankreas buatan ini akan mengatur kadar insulin yang dibutuhkan secara otomatis.

Baca Juga: Ternyata Ini Harga Organ Tubuh Kita jika Dijual di Pasar Gelap, Ngeri!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya