TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Amaterasu, Sinar Kosmik Terkuat Kedua yang Pernah Hantam Bumi

Partikel langka berenergi tinggi

ilustrasi luar angkasa (nasa.gov)

Para astronom telah mendeteksi partikel langka dan berenergi sangat tinggi yang jatuh ke Bumi, menyebabkan kebingungan karena partikel tersebut berasal dari wilayah luar angkasa yang tampaknya kosong, mengutip dari situs The Guardian.

Partikel tersebut dinamakan 'Amaterasu', diambil dari nama Dewi Matahari dalam mitologi Jepang, merupakan salah satu sinar kosmik berenergi tertinggi yang pernah terdeteksi.

Baca Juga: Fotogenik, 10 Galaksi Ini Membentuk Struktur Kosmik yang Indah Banget!

Asalnya tidak diketahui

Mengutip dari situs Scientific American, sinar kosmik berenergi ultra tinggi (UHECR) merupakan partikel berbobot sangat kecil yang asalnya tidak diketahui, namun kadang-kadang menghantam planet kita dengan laju yang mendekati kecepatan cahaya.

UHECR biasanya tiba sendiri tanpa peringatan, seperti peluru dari luar angkasa yang melaju kencang, menabrak atmosfer Bumi dan meledak dalam rangkaian partikel sekunder yang memicu kilatan cahaya singkat yang tak terlihat saat partikel menghujani permukaan Bumi.

Amaterasu sendiri menghantam planet kita pada 27 Mei 2021, mengirimkan hujan muon, gluon dan partikel sekunder lainnya yang terdeteksi oleh 23 detektor Telescope Array dari jumlahnya yang melebihi 500.

Partikel energik semacam itu hanya bisa dihasilkan oleh peristiwa kosmik yang paling kuat di mana skalanya melebihi ledakan bintang. Amaterasu tampaknya muncul dari Local Void, sebuah ruang kosong yang berbatasan dengan galaksi Bima Sakti.

"Saat ditelusuri lintasannya hingga ke sumbernya, tidak ada energi yang cukup tinggi untuk menghasilkan partikel kuat itu,” kata Prof John Matthews, dari Universitas Utah, juga salah satu penulis makalah di jurnal Science yang menjelaskan penemuan tersebut.

Partikel Amaterasu memiliki energi melebihi 240 exa-electron volt (EeV), jutaan kali lebih banyak daripada partikel yang dihasilkan di Large Hadron Collider, akselerator paling kuat yang pernah dibuat dan setara dengan energi bola golf yang melaju dengan kecepatan 95 mph (mil per jam).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya