TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenalkan Sains lewat Film & Eksperimen di Science Film Festival 2019

Acara resmi dibuka pada 28 Oktober lalu

Dok. Wisma Jerman

Surabaya, IDN Times - Mempelajari sesuatu yang berbau ilmiah tak selamanya dilakukan dengan cara yang serius, formal dan membosankan. Ada banyak metode untuk membuat proses belajar menjadi lebih fun, yakni lewat film dan eksperimen!

Hal ini dilakukan oleh Goethe-Institut bekerja sama dengan Wisma Jerman lewat Science Film Festival 2019. Event ini diadakan secara serentak di berbagai kota di Indonesia. Di Surabaya, Science Film Festival diselenggarakan mulai dari 28 Oktober hingga 8 November 2019.

Yuk tengok keseruan opening Science Film Festival 2019 yang diadakan di Ruang Halle, Wisma Jerman pada Senin (28/10) lalu!

Baca Juga: Gak Nyangka, 9 Tokoh Sukses dalam Sejarah Dunia Ini Termasuk Introvert

1. Tema tahun ini adalah Humboldt dan Jaring Kehidupan

Dok. Wisma Jerman

Science Film Festival 2019 di Surabaya dibuka oleh sambutan dari Direktur Wisma Jerman, Mike Neuber.  Ia menjelaskan bahwa tema tahun ini adalah Humboldt dan Jaring Kehidupan. Alexander von Humboldt merupakan seorang tokoh multitalenta asal Jerman yang juga dikenal sebagai seorang naturalis.

Humboldt memaparkan bahwa segala sesuatu itu saling terhubung dan kerusakan yang ditimbulkan di satu tempat akan membawa implikasi di tempat lain. Pemikiran Humboldt mendorong munculnya alternatif dalam bentuk pemikiran sistem keseluruhan dan upaya pemulihan alam.

2. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu lingkungan, perubahan iklim dan kelestarian

Dok. Wisma Jerman

Opening Science Film Festival 2019 di Surabaya dihadiri oleh siswa-siswi SDN Kaliasin VII sebagai peserta. Mereka terlihat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara. Eksperimen yang mereka lakukan pun terasa menyenangkan karena dilakukan dengan cara bermain sambil belajar.

Untuk tahun ini, Science Film Festival 2019 mendorong pelajar dan anak-anak muda untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu lingkungan, perubahan iklim dan kelestarian. Science Film Festival sendiri pertama diselenggarakan di tahun 2005 oleh Goethe-Institut.

Baca Juga: Memperingati 30 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin Lewat German Cinema

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya