TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Chital, Rusa yang Suka Makan Jamur!

Chital berlari cukup cepat untuk menghindari pemangsa

Chital (pixabay.com/Bishnu Sarangi)

Chital memiliki nama ilmiah Axis axis dan juga disebut sebagai rusa axis. Mereka memiliki bintik-bintik putih pada tubuhnya. Chital jantan memiliki bintik hitam pada wajahnya dan punya tiga cabang pada setiap tanduknya.

Untuk lebih mudah membedakannya dengan betina, chital jantan juga memiliki bintik putih pada tenggorokannya. Mari kenalan dengan chital!

1. Chital banyak berada di India

Chital (pixabay.com/Bishnu Sarangi)

Chital termasuk sebagai mamalia yang cantik dengan tubuh penuh bintik-bintik putih dan ekor yang pendek. Informasi dari Animalia memaparkan bahwa populasi chital banyak berada di hutan-hutan India. Area penyebaran chital adalah Sri Lanka dan India. Mereka hidup di hutan lebat, lembah berhutan, pada rumput terbuka, sabana dan bahkan perkebunan.

2. Hanya chital jantan yang memiliki tanduk

Chital (pixabay.com/Bishnu Sarangi)

World Deer menginformasikan bahwa ukuran chital jantan lebih besar dari betina dan memiliki dada dan leher yang lebih sempit. Warna jantan juga lebih gelap terutama sekitar kepala dan wajahnya. Hanya chital jantan yang memiliki tanduk, panjangnya bisa mencapai 76 cm.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Rusa Sambar, Spesies Rusa Terbesar di Indonesia

3. Chital berlari cukup cepat

Chital (pixabay.com/Bishnu Sarangi)

Karena habitatnya, chital juga memiliki adaptasi kecepatan agar bisa melarikan diri dari pemangsa. Kecepatan rata-rata dari chital kisaran 60-65 kilometer per jam. Chital juga dikenal dengan kemampuan refleksnya yang cepat dan hal itu banyak membantu mereka melarikan diri dari serangan pemangsa, dilansir Kidadl.

4. Chital menyukai jamur

Chital (pixabay.com/Bishnu Sarangi)

Chital adalah herbivora, makanan utama mereka biasanya terdiri dari rerumputan, bunga dan buah-buahan yang jatuh dari pohon. Melansir Animalia, saat musim hujan tiba maka makanan utama chital adalah rerumputan dan alang-alang. Mereka juga menyukai jamur yang kaya protein dan nutrisi. Jika merasa dibutuhkan, chital akan menjelajah.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Rusa Besar, Identik dengan Tanduknya!

Verified Writer

Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya