TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Potret Keren Hewan Melanistik, Seluruh Tubuhnya Berwarna Hitam 

Mulai dari macan tutul hingga lebah

sacurrent.com

Melanisme adalah kondisi perkembangan yang pesat dari pigmen melanin pada tubuh atau rambut sehingga menyebabkan kulit atau rambut berwarna hitam pekat. Secara sederhana, melanisme bisa disebut sebagai kebalikan dari albinisme alias albino.

Pada albino, jumlah pigmen melanin yang diproduksi tubuh sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali sehingga kulit atau rambut terlihat putih pucat. Sementara pada melanisme, produksi pigmen melaninnya justru terlalu banyak. Mau lihat seperti apa penampakan hewan yang mengalami melanisme? Ini dia sembilan potretnya.

1. Versi melanistik dari macan tutul adalah salah satu yang paling terkenal. Sebutan umum mereka adalah black panther

animalsking.com

Selain macan tutul, ada pula jaguar yang melanistik. Sebutan mereka pun sama yaitu black panther. Sementara, kucing besar lain, yaitu singa, harimau, dan macan tutul salju tidak memiliki varian melanistik.

2. Serigala abu-abu (Canis lupus) pun ada yang melanistik dan mereka disebut serigala hitam

twistedsifter.com

Laman Thought Co menyebut bahwa bagi serigala abu-abu yang hidup di kawasan hutan, warna hitam akan sangat berguna bagi mereka untuk berkamuflase. Sementara, serigala abu-abu yang hidup di kawasan tundra umumnya memiliki warna bulu yang lebih terang.

3. Seperti serigala abu-abu, rubah merah (Vulpes vulpes) juga memiliki versi melanistik sehingga tidak berwarna merah seperti namanya

twistedsifter.com

Dilansir laman Bored Panda, rubah merah melanistik tidak disebut rubah hitam melainkan rubah perak. Itu karena umumnya rubah melanistik berwarna tidak hitam pekat, tetapi bercampur dengan warna abu-abu.

Baca Juga: Menarik, 5 Fakta Albino pada Hewan yang Belum Kamu Ketahui

4. Ini adalah potret tupai hitam, versi melanistik dari tupai abu-abu timur

twistedsifter.com

Laman Project Noah menyebut bahwa beberapa populasi tupai abu-abu timur seluruhnya merupakan melanistik. Itu berarti seluruh tupai di area tersebut berwarna hitam legam.

5. Rusa melanistik pun ada di alam, namun keberadaan mereka sangat langka

wideopenspaces.com

Laman Deer Buster menyebut bahwa rusa albino memiliki jumlah 1 banding 30 ribu ekor. Namun, rusa melanistik bahkan lebih langka dari itu, terutama rusa melanistik yang seluruhnya hitam seperti di foto ini.

6. Penguin terkenal dengan warna putih hitam, namun penguin yang satu ini punya warna hitam polos karena melanisme

nationalgeographic.com

Keberadaan penguin melanistik pun sangat jarang. National Geographic menyebut bahwa perkiraannya adalah 1 di antara 250 ribu ekor penguin mengalami melanisme sebagian. Makanya, penguin dengan melanisme total seperti foto di atas tentu lebih jarang lagi.

7. Bahkan, serangga yang melanistik pun ada, contohnya lebah taman (Bombus hortorum) yang seluruh tubuhnya hitam ini

beekeepersgarden.com

Spesies lebah ini berukuran cukup besar dan ciri khas mereka yang unik yaitu lidahnya yang sangat panjang.

8. Melanisme tidak hanya bisa terjadi secara alami seperti ular laut melanistik ini yang warnanya menjadi semakin gelap karena aktivitas manusia

pbs.com

Fenomena semacam itu disebut melanisme industrial dan menurut New Scientist ini adalah kasus pertama melanisme industrial pada hewan laut. Sebabnya adalah polusi dari pertambangan yang mengotori laut sehingga ular laut beradaptasi dengan memiliki warna kulit yang lebih gelap.

Baca Juga: 5 Hewan Ini Pembawa Banyak Virus dan Bakteri, Sebaiknya Kamu Waspada

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya