TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Naga Laut, Hewan Nyata Bukan Mitos

Endemik Australia bagian selatan

Naga laut jantan yang menyimpan telur (twitter.com/Nature_Is_Lit)

Tentu kamu sudah banyak mendengar naga sebagai salah satu makhluk legenda yang banyak muncul dalam cerita rakyat dan mitos. Bentuknya diilustrasikan seperti reptil dengan berbagai macam tambahan misalnya sayap, tanduk, cakar, kaki, dsb. tergantung asal legenda tersebut.

Ciri-ciri itu pula yang kemudian menjadi dasar penamaan umum beberapa hewan yang benar-benar nyata di dunia, salah satunya naga laut atau Phyllopteryx taeniolatus. Naga laut bukanlah reptil melainkan binatang yang masih satu famili dengan kuda laut tetapi dilengkapi beberapa anggota tubuh yang membuatnya menjadi mirip naga. Lantas, apa saja fakta menarik dari naga laut ini?

1. Salah satu hewan endemik Australia

Naga laut (commons.wikimedia.org/Katieleeosborne)

Phyllopteryx taeniolatus merupakan hewan endemik yang menghuni pesisir Australia bagian selatan. Melansir Australian Museum, spesies ini tersebar dari pesisir New South Wales bagian tengah hingga pesisir Australia bagian selatan sampai barat daya Australia Barat. Menurut Animal Diversity, naga laut bisa ditemukan kira-kira antara Port Stephen di New South Wales hingga Geraldton di Australia Barat serta ke selatan sampai Tasmania.

2. Kondisi lingkungan hidupnya cukup spesifik

Naga laut (commons.wikimedia.org/Ta-graphy)

Naga laut biasa dijumpai di karang berbatu, dasar laut yang banyak tumbuhannya, dan padang lamun di mana mereka bisa melakukan kamuflase dengan mudah. Walaupun tampak memiliki sebaran yang cukup luas, hewan ini hidup di lingkungan dengan kondisi yang spesifik.

Tempat hidup naga laut harus memiliki air dengan suhu di antara 12 sampai 23 derajat celsius. Binatang ini dapat menghuni area muara dangkal hingga pantai yang dalam sampai 50 m. Namun, naga laut paling banyak dijumpai di kedalaman 8-12 m.

3. Naga laut adalah perenang yang buruk

Naga laut adalah hewan yang bergerak pelan dan melayang-layang di air. Binatang ini merupakan perenang yang buruk karena memiliki struktur bertulang yang dinamakan protective dermal plate di sekujur tubuhnya sehingga membatasi gerak naga laut. Selain itu naga laut tidak mempunyai sirip ekor sehingga ketika berenang mereka hanya mengandalkan sirip perut dan sirip punggung.

Tidak seperti kuda laut, naga laut tidak punya ekor prehensile yang bisa mencengkeram. Karena kemampuan berenangnya yang buruk itulah tiap tahun selalu ditemukan naga laut yang terdampar di pantai-pantai selatan Australia.

4. Tidak punya gigi

Kepala dan moncong naga laut (flickr.com/Bill)

Naga laut tidak memiliki gigi dan memakan mangsanya dengan cara menghisap. Moncong naga laut yang panjang mirip pipa dilengkapi struktur rumit terdiri dari tulang yang ditarik oleh otot untuk menciptakan daya isap yang kuat. Makanan naga laut adalah udang, kutu laut, larva ikan, dan zooplankton.

Baca Juga: 5 Biota Laut Inspirasi Makhluk di Avatar: The Way of Water

Verified Writer

Rasyi Fauzia

Living my life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya