TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Hal Ini Sangat Disukai Kucing, Gemas Banget!

Mana yang suka dilakuin kucingmu?

ilustrasi kucing bersama manusia (pexels.com/Tranmautritam)

Siapa tidak suka dengan binatang yang imut dan menggemaskan yang satu ini? Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara. Tingkah laku kucing terkadang membuat kita tersenyum bahkan gemas.

Tidak jarang aksi mereka membuat kita tersenyum lepas. Mungkin tidak semua orang, tapi sebagian dari kita mungkin sudah paham apa yang mereka sukai. Berikut 8 hal yang disukai oleh kucing. Yuk, simak sampai akhir agar kita lebih dekat dengan mereka.

1. Kucing suka tidur 

ilustrasi kucing sedang tidur (pexels.com/Александар Цветановић)

Seperti manusia, kucing juga membutuhkan istirahat. Tidak diragukan lagi, hewan satu ini memang rajanya tidur. Dalam sehari mereka bisa tidur 12-16 jam sehari. Apalagi jika mendapat tempat yang nyaman, mereka akan mudah terkelap.

Sebagian besar kucing suka aktif pada malam hari. Namun, apabila kalian khawatir karena kucing tidur berlebihan coba konsultasikan kepada dokter hewan. Upaya ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Kucing suka kebersihan 

ilustrasi kucing akan mandi (pexels.com/Anna Shvets)

Kucing termasuk hewan yang bisa melakukan grooming sendiri. Mereka pandai merawat diri dengan menjilati tubuhnya. Saat suasana panas, kucing melakukannya agar tubuh terasa dingin.

Apabila ada lebih dari satu kucing, terkadang mereka saling membantu untuk membersihkan area yang tidak terjangkau. Kalian juga bisa membantu agar kucing lebih bersih dengan memandikannya dengan air hangat dan shampo khusus. Jangan lupa menyisir rambutnya agar bulu mati terangkat.

3. Makanan yang fresh 

ilustrasi memberi makan kucing (unsplash.com/freestocks)

Seperti manusia, kucing juga menyukai makanan fresh. Selain terasa lebih lezat, tampilannya pun menggiurkan sehingga mereka akan menyantap dengan lahap. Berbeda jika makanan basi. Ditambah lagi ada kandungan bakteri, diantaranya Salmonella dan Staphylococcus.

Sebelum memberi makanan pastikan terlebih dahulu tanggal kadaluarsa dan kadungannya. Hal ini dilakukan agar mereka tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kucing, Sahabat Imut Manusia Sejak 4.000 Tahun Silam 

4. Kucing menyukai air 

ilustrasi kucing sedang minum (vetstreet.com)

Kalian pasti suka melihat kucing sangat menyukai air keran. Hal ini karena kucing sangat menyukai air yang mengalir. Sebagian besar kucing sangat menyukai air.

Cobalah sesekali bermain air dengan kucing kesayangan kalian. Apalagi saat cuaca panas. Caranya dengan mengisi ember atau kolam mainan dengan air lalu bermain dengan mereka.

5. Kucing suka menggaruk dan mencakar   

ilustrasi kucing sedang mencakar (pexels.com/ Eva Kubíčková)

Kalian pasti sering melihat kucing suka mengasah kukunya dengan menggarukkan ke suatu benda. Terkadang sofa kita menjadi incaran mereka. Benda-benda lainnya juga terkadang menjadi incaran menerkam.

Agar barang-barang di sekitarmu tidak rusak karena cakaran mereka, coba sediakan cat tree agar mereka tidak melakukannya lagi, ya.

6. Kucing suka bermain 

ilustrasi kucing sedang bermain (pexels.com/Gratisography)

Kucing dengan segala usia pada dasarnya suka bermain. Mulai dari tali hingga benang bisa jadi alat untuk bermain. Sifat alami mereka adalah mengintai, berburu, dan menangkap mangsa.

Kamu bisa membuat atau membelikan mainan sederhana untuk mereka. Saat ini sudah banyak beragam alat mainan kucing yang dijual. Kalian juga bisa memanfaatkan benda yang tidak terpakai untuk bermain, misalnya tali rafia bekas.

7. Kucing tertarik pada burung 

ilustrasi kucing sedang menatap sesuatu (pexels.com/Pixabay)

Terkadang kucing suka menatap lama ke arah luar. Kemungkinan mereka sedang melihat burung terbang. Hewan satu ini memang sangat senang dengan burung.

Bahkan mereka bisa tahan berjam-jam untuk melihatnya. Kalian bisa membiarkan mereka melihat itu saat cuaca tidak terlalu panas.

Verified Writer

Ratna Eha Syaifa

It's Me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya