TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Asteroid, Ada Hari Perayaannya Lho!

Kecil-kecil tapi cabe rawit

Pixabay.com/AlexAntropov86

Apa yang kamu ketahui tentang asteroid? Asteroid adalah objek luar angkasa yang ukurannya lebih kecil dari planet dan bergerombol dengan jumlah yang sangat banyak sehingga membentuk sabuk raksasa. Disebut juga planet minor dengan ukuran lebih kecil dari planet kerdil. Masing-masing dari asteroid memiliki lintasan orbitnya sendiri yang di mana mereka mengitari Matahari.

Nah, biar lebih paham, ada beberapa fakta menarik seputar asteroid yang perlu kamu tahu. Apa saja itu? Mari kita simak.

1. Ditetapkan Hari Asteroid pada tanggal 30 Juni oleh PBB sekaligus mengenang tragedi Tunguska

asteroidday.org

Ditetapkannya pada tanggal 30 Juni oleh PBB bukan tanpa alasan. Pada tanggal yang sama di tahun 1908, asteroid dengan diameter 60-140m menghantam Bumi di daerah Tunguska, Rusia. Dampak tersebut mengakibatkan rusaknya 2000 km persegi hutan. Tidak ada korban manusia, karena letak hantamannya jauh dari pemukiman.

Berawal dari itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hari Asteroid Internasional dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang asteroid dan apa dampak atau berbahayanya asteroid bagi kehidupan manusia kelak.

Baca Juga: 5 Fakta Asgardia –Negara Ruang Angkasa yang Jadi Incaran WNI

2. Beberapa nama asteroid yang diberi nama dengan nama orang Indonesia

Pixabay.com/PIRO4D

Penamaan asteroid biasanya dinamakan sesuai dengan penemunya. Namun kontribusi seseorang yang sangat berpengaruh juga bisa untuk penamaan sebuah asteroid. Orang tersebut adalah kelima astronom Indonesia yang memiliki kontribusi di bidang astronomi.

  • 12176 Hidayat
  • 12177 Raharto
  • 12178 Dhani
  • 12179 Taufiq
  • 12937 Premadi

Kalian bisa cek nama tersebut pada laman NASA dengan cara memasuki angka tersebut ke dalam menu pencariannya.

3. Asteroid yang berbentuk tengkorak

jpl.nasa.gov

Bentuk asteroid memang beragam. Tapi bentuk dari asteroid itu sendiri adalah abstrak atau tidak beraturan. Namun ada asteroid yang sekilas mirip dengan tengkorak. Dengan nama asteroid 2015 TB145, asteroid tersebut berbentuk seperti tengkorak yang melayang bebas di luar angkasa. Kemunculannya pada tahun 2018 bertepatan dengan Halloween, membuat heboh setelah NASA berhasil mengabadikannya dan dipublikasikan.

Baca Juga: Hari Asteroid Sedunia, Seperti Apa Bahaya Asteroid bagi Bumi Kita? 

Writer

Reza Nur Wibisono

Penghuni 'titik biru pucat' di luasnya alam semesta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya