TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Gading Gajah Bisa Tumbuh Lagi? Ini Penjelasan Sains

Gajah sering dibunuh karena gadingnya

ilustrasi gading gajah (unsplash.com/Pawan Sharma)

Intinya Sih...

  • Gading gajah berfungsi untuk intimidasi dan menarik perhatian gajah betina, namun sering dibunuh untuk diambil gadingnya.
  • Gading gajah tidak akan tumbuh lagi setelah patah atau dipotong, karena sebenarnya adalah gigi seri yang terbuat dari dentin dan enamel.
  • Gajah tanpa gading memiliki kemampuan bertahan hidup lebih tinggi dan jumlahnya meningkat akibat perburuan liar yang menyebabkan evolusi di Mozambik.

Secara umum, gading gajah berfungsi untuk mengintimidasi lawan mereka dan menarik perhatian gajah betina. Walaupun membuat bentuk mereka semakin menarik, gading gajah sering dibunuh untuk diambil gadingnya.

Gading gajah sering diukir menjadi karya seni dan dipandang sebagai simbol status sekaligus investasi moneter, khususnya di Asia. Namun, apakah gading gajah bisa tumbuh lagi?

Gading gajah tidak tumbuh lagi

ilustrasi induk dan anak gajah (pexels.com/silvia lusetti)

Dilansir laman resmi World Wide Fund for Nature (WWF), gading gajah tidak akan tumbuh lagi setelah patah atau dipotong. Gading gajah sebenarnya adalah giginya, tepatnya gigi seri.

Sebagian besar gading terdiri dari dentin, jaringan tulang yang keras dan padat, dan seluruh gading dilapisi dengan enamel. Hampir semua gajah Afrika dan sebagian besar gajah Asia jantan memiliki gading yang panjang.

Beberapa gajah dengan gading sangat panjang, yang dikenal sebagai gading besar, dinilai sebagai gajah yang cantik.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya